Pengaruh model pembelajaran Three Level Of Inquiry untuk meningkatkan kemampuan Literasi Sains siswa pada materi Keanekaragaman Hayati

Dewi, Fadila Alma (2024) Pengaruh model pembelajaran Three Level Of Inquiry untuk meningkatkan kemampuan Literasi Sains siswa pada materi Keanekaragaman Hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan memahami konsep dan proses sains serta menggunakan sains untuk memecahkan masalah sehari-hari yang dapat dikembangkan dengan model pembelajaran three level of inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran three level of inquiry untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi keanekaragaman hayati. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model three level of inquiry memperoleh nilai persentase sebesar 100% pada kegiatan mengajar guru dan 97,7% pada aktivitas belajar siswa. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,66 (sedang) dan 0,4 (sedang), serta didapatkan taraf signifikansi 0,003 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siwa pada kelas dengan dan tanpa model three level of inquiry. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan persentase 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran three level of inquiry memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Hayati; Kemampuan Literasi Sains; Three Level of Inquiry; Pengaruh.
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Alma Dewi Fadila
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:36
Last Modified: 19 Feb 2024 03:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84980

Actions (login required)

View Item View Item