Penerapan E-Learning dengan Google Meet untuk meningkatkan kemampuan Representasi Matematis dan motivasi peserta didik

Djulianto, Adam (2024) Penerapan E-Learning dengan Google Meet untuk meningkatkan kemampuan Representasi Matematis dan motivasi peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen tentang Model Pembelajaran E-Learning yang bertujuan untuk meningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar peserta didik: (a) Gambaran proses peserta didik dan guru yang menggunakan pembelajaran E-Learning, (b) Peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, (c) Peserta didik yang menggunakan pembelajaran E-Learning, (d) Peserta didik yang menggunakan E-Learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, (e) motivasi belajar peserta didik yang menggunakan E-Learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sampel dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII-G and VIII-F SMP Negeri 17 Bandung. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain menggunakan uji-t independent diperoleh: (a) Persentase gambaran proses peserta didik dan guru berada di kategori sangat baik, (b) Peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional berkategori sedang, (c) Peserta didik yang memperoleh pembelajaran E-Learning berkategori sedang, (d) Peserta didik yang menggunakan E-Learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, (e) motivasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran E-Learning tidak lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. ENGLISH : This research is a quasi-experimental research on the E-Learning Learning Model which aims to improve students' mathematical representation abilities and learning motivation: (a) Description of the process of students and teachers who use E-Learning learning, (b) Students who use conventional learning, (c ) Students who use E-Learning learning, (d) Students who use E-Learning are better than students who use conventional learning, (e) the learning motivation of students who use E-Learning is better than students who use conventional learning. The samples from this research were students in class VIII-G and VIII-F of SMP Negeri 17 Bandung. Data obtained using research instruments in the form of tests and non-tests. Based on the results of research and processing of n-gain data using the independent t-test, it was obtained: (a) The percentage of student and teacher process descriptions is in the very good category, (b) Students who receive conventional learning are in the medium category, (c) Students who receive E learning -Learning is in the medium category, (d) Students who use E-Learning are better than students who use conventional learning, (e) the learning motivation who use E-Learning is not better than students who use conventional learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis; Model E-Learning; Motivasi Belajar Peserta didik
Subjects: Secondary Education > Lower Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Adam Djulianto
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:55
Last Modified: 22 Feb 2024 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84988

Actions (login required)

View Item View Item