Karimah, Rika Siti (2023) Pengaruh metode Guided Note Taking terhadap kemampuan kolaborasi dan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran Akidah Akhlak : Penelitian dilaksanakan di MTs As-Sulaimaniyyah, Warungkondang, Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
3_daftarisi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena merosotnya pendidikan akhlak dan moral disebabkan oleh pengaruh globalisasi yang penuh dengan kebebasan dan melahirkan kemajuan dari sisi kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi. Globalisasi berdampak pada pergeseran nilai yang mempengaruhi tatanan nilai kehidupan dalam jiwa anak. Oleh karena itu, apabila anak didik tidak dibekali dengan ajaran agama yang kuat berakibat fatal terhadap kematangan jiwa dan mental dalam mengambil Keputusan di kemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan realitas pembelajaran Akidah Akhlak melalui metode Guided Note Taking terhadap kemampuan kolaborasi dan pemahaman konsep peserta didik. Perbedaan kemampuan kolaborasi yang menggunakan metode Guided Note Taking dengan metode ceramah. Perbedaan pemahaman konsep yang menggunakan metode Guided Note Taking dan ceramah pada pembelajaran Akidah Akhlak dan Tanggapan peserta didik terhadap penggunaan Metode Guided Note Taking. Teori pada penelitian ini adalah teori Guided Note Taking menurut Silberman, metode guided note taking adalah suatu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan cara guru menyiapkan bagan/skema atau yang lain yang dapat membantu siswa dalam membuat catatan-catatan sesuai materi yang telah disampaikan, begitu juga tentang kemampuan kolaborasi menurut Emily R. Lai dan pemahaman konsep menurut Duffin dan Simpson. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental. Sampel yang digunakan yaitu VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sumber data diambil dari kepala sekolah, guru Akidah Akhlak dan para siswa di MTs As-Sulaimaniyyah Warungkondang, Cianjur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode Guided Note Taking terhadap kemampuan kolaborasi dan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran Akidah Akhlak di MTs As-Sulaimaniyyah terdapat dalam beberapa langkah. 2) Perbedaan kemampuan kolaborasi yang menggunakan metode Guided Note Taking dengan metode ceramah diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebelum berkategori sedang dan setelah dilakukan treatment berkategori tinggi. 3) Perbedaan pemahaman konsep yang menggunakan metode Guided Note Taking dan ceramah kategori sedang di kelas kontrol dan kategori tinggi di kelas eksperimen. 4) Tanggapan peserta didik terhadap penggunaan Metode Guided Note Taking hasilnya meningkat di kelas eksperimen termasuk kategori tinggi, sedangkan di kelas kontrol kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Note Taking; Kemampuan Kolaborasi; Pemahaman Konsep |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rika Siti Karimah |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 01:37 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 01:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85064 |
Actions (login required)
View Item |