Sari, Putri Puspita (2023) Pengelolaan media sosial Instagram @banksampahbersinar.id sebagai media komunikasi dan informasi : Studi deskriptif tentang Cyber Public Relations di Bank Sampah Bersinar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
Abstract
Pengelolaan Media Sosial Instagram @Banksampahbersinar.id Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi (Studi Deskriptif Tentang Cyber Public Relations di Bank Sampah Bersinar). Pengelolaan media sosial melalui Instagram menjadi salah satu langkah dan media dalam jaringan (daring) publikasi yang banyak digunakan dalam sebuah kegiatan komunikasi, publikasi dan pengelolaan informasi oleh sebuah lembaga/perusahaan. Media sosial dapat dikatakan sebagai menjadi media yang memberikan efek komunikasi yang dapat mempermudah publik mencari informasi secara online dimanapun dan kapanpun. Bank Sampah Bersinar menjadi salah satu lembaga yang menerapkan pengelolaan media sosial Instagram @banksampahbersinar.id sebagai media komunikasi dan informasi (studi deskriptif tentang cyber public relations di bank sampah bersinar). Penelitian terkait pengelolaan media sosial Instagram @banksampahbersinar.id bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui berbagai tahapan pengelolaan media sosial diantaranya tahap share, optimize, manage, engage melalui media sosial @banksampahbersinar.id sebagai media komunikasi dan informasi (studi deskriptif tentang cyber public relations di Bank Sampah Bersinar). Tahapan share, optimize, manage, engage merupakan empat tahapan dalam konsep The Circular Model of Social Communication dikemukakan oleh Regina Luttrel yang sangat relevan serta menjadi konsep yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan pengumpulan data utama menggunakan tehnik wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Metode yang digunakan ini dirasa tepat untuk dapat lebih menjabarkan secara terperinci terkait bagaimana proses pengelolaan media sosial oleh Bank Sampah Bersinar melalui media sosial Instagram. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bank Sampah Bersinar telah menjalankan dan merumuskan pengelolaan media sosial Instagram sebagaimana tahapan dan aspek pada The Circular Model of SoMe yang terdiri dari (1) Share (membagikan) informasi melalui tiga tahap yaitu pemilihan media dan penetapan audiens, analisis kebutuhan, dan membangun kepercayaan publik. (2) Optimize (mengoptimalkan) pesan dengan melakuan kolaborasi penyebaran informasi. (3) Manage (mengelola) informasi melalui dua tahap yaitu monitoring media sosial Instagram dan respon cepat. (4) Engage (melibatkan) publik dengan melakukan kolaborasi dengan komunitas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Media Sosial; Instagram; Model SOME; Bank Sampah Bersinar; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Putri Puspita Sari |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 02:10 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85133 |
Actions (login required)
View Item |