Penerapan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia : Studi quasi eksperimen pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Rancaekek Kabupaten Bandung

Triyono, Riyo (2024) Penerapan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia : Studi quasi eksperimen pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy

Abstract

Dalam Bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai siswa yaitu berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Dengan keterampilan membaca siswa terlihat kemampuannya dalam menuangkan ide, gagasan, pesan, dan informasi yang mereka peroleh. Agar pembelajaran dapat membuahkan hasil yang baik, dibutuhkan suatu rencana yang tersusun secara efisien dan sistematis. Sehingga pembelajaran dapat lebih berkesan. Dari hasil pengamatan awal dengan guru kelas dan siswa kelas IV MI Muhammadiyah Rancaekek, menunjukkan bahwa ketika guru memberikan pelajaran dan siswa mendengarkan, hanya ada beberapa siswa yang menyimak. Mereka tidak interaktif dan tidak ada diskusi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia karena banyak materi tentang cerita yang menyebabkan rasa bosan. Hal ini tentu mempengaruhi keterampilan membaca siswa. Keterampilan membaca bisa dipertajam melalui model pembelajaran yang cocok. Salah satunya melalui model pembelajaran "Cooperative Script". Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat keterampilan awal dari membaca siswa. Untuk mengetahui penerapan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca siswa setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa, agar dapat menumbuhkan ide dan gagasan baru (dalam pemecahan suatu permasalahan), daya berpikir kritis serta mengembangkan jiwa keberanian dalam menyampaikan hal-hal baru yang diyakinkan benar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuasi eksperimen (NonEquivalent Control Group Design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa unjuk kerja, lembar observasi, dan dokumentasi. Unjuk kerja dilakukan untuk mengukur keterampilan membaca siswa melalui pretest dan posttest pada pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil tes pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa hasil pretest sebelum diterapkannya treatment memperoleh nilai rata-rata 51,7. Kemudian setelah dilakukannya treatment pada proses pembelajaran, hasil posttest memperoleh nilai rata-rata 71,2 nilai ini menunjukkan kategori cukup. Kemudian setelah melalui uji t-paired dan uji N-gain menunjukan bahwa thitung > ttabel (9,15 > 2,064) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum tindakan dengan setelah tindakan. Dan terdapat peningkatan keterampilan membaca siswa rata-rata peningkatan 0,4 dengan persentase 40%. Maka, dapat diartikan terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV MI Muhammadiyah Rancaekek Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Cooperative Script; Keterampilan Membaca; Bahasa Indonesia
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riyo Triyono
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:05
Last Modified: 29 Feb 2024 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85197

Actions (login required)

View Item View Item