Penanaman nilai-nilai Islami pada Pendidikan Kewirausahaan untuk membentuk sikap kemandirian peserta didik : Penelitian di SMAN 3, SMAN 20 dan SMAN 24 Kota Bandung

Mudji Hartati, Mudji Hartati (2023) Penanaman nilai-nilai Islami pada Pendidikan Kewirausahaan untuk membentuk sikap kemandirian peserta didik : Penelitian di SMAN 3, SMAN 20 dan SMAN 24 Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. Cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5. BAB 1.pdf

Download (974kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang diperlukan seharusnya mampu membuat siswa yang menguasai aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun pada realitasnya,pendidikan hanya mengutamakan aspek kognitifnya saja. Hal ini ternyata berdampak pada output pendidikan, siswa belum siap dalam menghadapi realitas sosial yang ada di masyarakat setelah lulus dari sekolah. Untuk itu tertarik pada lembaga pendidikan yang mampu mengaplikasikan pembelajaran kepada siswa untuk menguasai ketiga aspek tersebut dengan menerapkan pendidikan kewirausahaan dengan menanamkan nilai-nilai islami juga, sehingga mampu menyiapkan output pendidikan yang menghadapi kehidupan di masa mendatang dengan bekal yang kuat secara professional dan memiliki kepribadian yang islami. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi: 1) Tujuan penanaman nilainilai Islami; 2) Nilai-nilai Islami yang ditanamkan; 3) Program; 4) Pelaksanaan program; 5) Faktor pendukung dan penghambat; 6) Keberhasilan pelaksanaan program penanaman nilai-nilai Islami pada pendidikan kewirausahaan untuk membentuk sikap kemandirian peserta didik pada SMAN tersebut. Kewirausahaan di dalam pendidikan bertujuan untuk membentuk manusia secara utuh (holistik), sebagai insan yang memiliki karakter, pemahaman dan keterampilan sebagai wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang hal yang dialami subjek penelitian. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik: ketekunan pengamatan; triangulasi; pemeriksaan sejawat melalui diskusi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tujuan penanaman nilai-nilai Islami dalam pendidikan kewirausahaan untuk membentuk sikap kemandirian peserta didik pada SMAN 3, SMAN 20 dan SMAN 24 Kota Bandung, yaitu: jujur, amanah, profesional, bertanggung jawab, berpandangan ke depan, kreatif dan inovatif; 2) Nilai-nilai Islami yang ditanamkan dalam pendidikan kewirausahaan pada SMAN 3, SMAN 20 dan SMAN 24 Kota Bandung, yaitu: siddiq, Amanah, tabligh, fathanah; 3) Program penanaman nilai-nilai Islami dalam pendidikan kewirausahaan pada SMAN-SMAN tersebut, yaitu: terintegrasi dalam seluruh mata pelajaran; terpadu dalam kegiatan ekstrakurikuler; melalui pengembangan diri dan perubahan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dari teori ke praktik; 4) Pelaksanaan program penanaman nilai-nilai Islami dalam pendidikan kewirausahaan pada SMAN tersebut, dalam kegiatan intrakurikuler; kokurikuler dan ekstrakurikuler; 5) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai Islami dalam pendidikan kewirausahaan pada SMAN-SMAN tersebut, adalah: faktor internal dan faktor ekternal; 6) Keberhasilan pelaksanaan program penanaman nilai-nilai Islami dalam pendidikan kewirausahaan pada SMAN tersebut, adalah: pemahaman; pengetahuan; kepercayaan masyarakat dan kompetensi.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan; Kemandirian Peserta didik; Nilai Islami
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Mudji Hartati Mudji
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:55
Last Modified: 01 Mar 2024 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85234

Actions (login required)

View Item View Item