Pengembangan model Problem Based Learning (PBL) dan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Mitahussalam dan SMKN 2 Ciamis

Daryaman, Daryaman (2023) Pengembangan model Problem Based Learning (PBL) dan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Mitahussalam dan SMKN 2 Ciamis. Doktoral thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di lokasi penelitian, yaitu: rendahnya hasil belajar siswa yang dibawah KKM, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, guru kurang memahami gaya belajar siswa, dan harapan siswa yang menginginkan model pembalajaran baru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah dapat menemukan pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam di SMK Miftaussalam Ciamis dan di SMKN 2 Ciamis Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme yang merupakan prinsip kunci dalam Problem Based Laerning (PBL), dan Gaya belajar yang ditawarkan adalah visual, auditorial, dan kinestetik. Sedangkan hasil belajar lebih menitik beratkan kepada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Metode yang digunakan yaitu mixmetod, teknik pengumpulan dengan observasi, tes, wawancara, dan angket. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan: 1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran PAI di SMK Miftahussalam Ciamis dan SMKN 2 Ciamis berbeda, di SMKN 2 Ciamis lebih tinggi daripada di SMK Miftahussalam Ciamis, dan dalam pelaksanannya mengacu pada sintak yang telah ditetapkan. 2) Rata-rata (mean) gaya belajar di dua sekolah yang berbeda, di SMK Miftahussalam, siswa di kelas eksperimen memiliki rata-rata gaya belajar yang sedikit lebih tinggi daripada siswa di kelas non eksperimen. Sedangkan di SMKN 2 Ciamis, siswa di kelas non eksperimen memiliki rata-rata gaya belajar yang lebih tinggi daripada siswa di kelas eksperimen. 3) Di SMK Miftahussalam, hasil belajar siswa cenderung lebih tinggi pada kelas non eksperimen daripada di kelas eksperimen. Sementara di SMKN 2 Ciamis, justru lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kelas non eksperimen. 4) Pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di dua sekolah yang berbeda, dengan SMK Miftahussalam menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan SMKN 2 Ciamis. 5) Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar PAI berbeda. Di SMK Miftahussalam Ciamis, relatif rendah, sedangkan di SMKN 2 Ciamis, pengaruhnya lebih signifikan. 6) Model Problem Based Learning (PBL) dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI berbeda antara kedua sekolah tersebut. Di SMK Miftahussalam Ciamis, tidak signifikan, sementara di SMKN 2 Ciamis berpengaruh secara signifikan. 7) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas non eksperimen dan kelas eksperimen di SMK Miftahussalam Ciamis dan SMKN 2 Ciamis. 8) Pengembangan model Problem Based Learning (PBL) dan gaya belajar dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Miftahussalam Ciamis dan SMKN 2 Ciamis adalah dengan menerapkan Model Holis (Holistic Islamic Learning System).

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: problem based learning (PBL); gaya belajar; hasil belajar; pendidikan agama Islam
Subjects: Education, Research
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: daryaman daryaman daryaman
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:13
Last Modified: 06 Mar 2024 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85414

Actions (login required)

View Item View Item