Pengaruh Mujahadah dalam mengatasi kecenderungan Fobia sosial pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan tahun 2023

Widiasti, Mega (2023) Pengaruh Mujahadah dalam mengatasi kecenderungan Fobia sosial pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan tahun 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Pendekatan mujahadah menggambarkan bahwa penelitian akan mengeksplorasi dampak mujahadah terhadap pengurangan kecenderungan fobia sosial pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Pskoterapi tahun 2023. Sebab dengan mujahadah secara terencana dan teratur dalam skala rutin dapat menjadikan mahasiswa jurusan Tasawuf dan Pskoterapi Angkatan 2023 memiliki sikap yang lebih tenang, lebih optimis serta menimbulkan rasa percaya diri, tujuan penelitian ini salahsatunya Untuk mengetahui bagaimana pengaruh mujahadah dalam mengatasi kecenderungan fobia sosial pada mahasiswa jurusan Tasawuf dan Psikoterapi angkatan tahun 2023. Peneliti menerapkan penelitian deskriptif dari pendekatan kuantitatif, yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi. Penelitian deskriptif ini tidak ada unsur manipulasi atas perlakuan, tetapi lebih mendeskriptifkan akan suatu keadaan yang konkret. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, disebabkan pengamatannya ialah sebuah frekuensi, jumlah dan ukuran.maka dari dapat dilihat besaran thitung -7,114 Sehingga dilihat -7,114-1,697. nilai signifikansi ialah 0,001 0,05, berarti mujahadah berpengaruh terhadap kecenderungan fobia sosial Artinya jika semakin tinggi mujahadah akan semakin rendah tingkat kecenderungan fobia sosial yang dialami oleh Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2023 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan demikian dapat dinyatakan hipotesis yang diajukan dapat dibuktikan atau diterima.Hasil penelitian terdapat pengaruh dari mujahadah terhadap kecenderungan fobia sosial dengan thitung -7,114 dan taraf signifikansi 5%. Dengan ketentuan thitung ttabel sehingga -7,114 -1,697. Nilai signifikansi yang dihasilkan adalah 0,001 0,05, hasil nilai koefisien determinasi (R Squere) 0,14 maka 14% meskipun pengaruh persentasenya14% menunjukan bahwa terdapat faktor lain dengan persentase sebanyak 86% yang mempengaruhi kecenderungan fobia sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mujahadah; Kecenderungan Fobia Sosial; Mahasiswa;
Subjects: Psychology
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mega Widiasti
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:40
Last Modified: 06 Mar 2024 04:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85424

Actions (login required)

View Item View Item