Analisis Personal Branding selebgram melalui media sosial instagram sebagai upaya membentuk opini publik : Studi deskriptif Kualitatif pada Rio Ramadhan akun instagram @riiormdhn

Ali, Abiyyu Bahruddin (2024) Analisis Personal Branding selebgram melalui media sosial instagram sebagai upaya membentuk opini publik : Studi deskriptif Kualitatif pada Rio Ramadhan akun instagram @riiormdhn. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarIsi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Personal branding adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu dalam membentuk suatu ciri khas atas keterampilan atau keahlian yang dimiliki oleh individu tersebut sehingga muncul sebuah kepribadian yang berbeda. Kepribadian itu muncul menjadi sebuah ciri khas yang dapat dikenal oleh orang lain (masyarakat) sehingga dapat menciptakan sebuah reputasi yang diinginkan. Personal branding dibangun melalui sosial media, salah satunya melalui Instagram. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat menganalisis Instagram @riiormdhn dalam menciptakan dan membangun personal branding yang mengacu kepada 5 konsep dasar personal branding Circle-P yang digagas oleh Silih Agung Wasesa, ialah : Competency (Kompetensi) , Connectivity (Konektivitas), Creativity (Kreativitas), Contribution (Kontribusi) dan Compliance (Nilai Kepatuhan) Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dituangkan melalui metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rio Ramadhan dinilai telah mampu membangun personal brandingnya sesuai dengan 5 konsep personal branding yang digagas oleh Silih Agung Wasesa, yakni kompetensi yang ditunjukkan berdasarkan aspek kemampuannya di bidang public speaking, konektivitas yang ditunjukkan berdasarkan terdapatnya keselarasan konten, kreativitas yang ditentukan berdasarkan penayangan konten yang berbeda di setiap postingannya, kontribusi yang ditunjukkan berdasarkan penayangan konten yang dapat menginspirasi dan nilai kepatuhannya ditunjukkan berdasarkan kesesuaian konten dengan aturan, norma dan hukum UU ITE pada Instagram. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Selebgram Rio Ramadhan menggunakan platform sosial media Instagram yang berpacu pada konsep teori Circle-P untuk dapat menciptakan sebuah opini publik yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan diri; Personal Branding; Media Sosial; Instagram
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Administration of Economy
Communications Telemunications > Wireless Communications
Communications Telemunications > Telephon
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Abiyyu Bahruddin Ali
Date Deposited: 08 Mar 2024 00:52
Last Modified: 08 Mar 2024 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85500

Actions (login required)

View Item View Item