Pengaruh pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility terhadap perkembangan usaha mikro kecil penerima manfaat di Kota Bandung : Studi pada Shafira Foundation

Fajriah, Rella Estin (2023) Pengaruh pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility terhadap perkembangan usaha mikro kecil penerima manfaat di Kota Bandung : Studi pada Shafira Foundation. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Proses pembangunan dijalankan dengan pembentukan dan penyesuaian kebijakan, regulasi, dan mekanisme implementasi yang diarahkan dengan baik akan menjadi jembatan bagi perkembangan dan percepatan pembangunan terutama sektor perekonomian. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki nilai strategis dalam memperkokoh perekonomian nasional. Sudah selayaknya pemerintah memberi perhatian baik strategi maupun kebijakan pemberdayaan (prioritas dan pemihakan). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berpotensi menjadi kelompok usaha yang terintegrasi dalam skala sektor dunia usaha nasional yang pada forcsat-nya dapat meningkatkan tarif hidupnya karena kekuatan daya saingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) oleh Shafira Foundation kepada usaha Mikro Kecil (UMK) penerima manfaat di Kota Bandung. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perkembangan Usaha Mikro Kecil Penerima Manfaat di Kota Bandung setelah mendapatkan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) oleh Shafira Foundation. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mix method (penelitian gabungan antara kualitatif dan kuantutatif). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil survei lapangan maupun penyebaran kuesioner kepada para penerima manfaat dana Corporate Social Responsibility Shafira Foundation dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan internet yang mendukung dalam penelitian ini. Hasil penelitian terkait pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil penerima manfaat ini menunjukkan bahwa mekanisme penyaluran dana Corporate Social Responsibility kepada Usaha Mikro Kecil yang dilakukan oleh Shafira Foundation belum berjalan dengan efektif karena masih terdapat kriteria yang tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Secara statistik nominal dana Corporate Social Responsibility (CSR) dan modal usaha berpengaruh terhadap perkembangan Usaha Kecil Menengah (UMK) penerima manfaat di Kota Bandung, dengan total kontribusi sebesar 71,7%, yang didominasi oleh modal usaha sebesar 68,1% dengan pengaruh signifikan sedangkan dari nominal dana CSR hanya 3,7% dengan pengaruh tidak signifikan, dan sisanya sebesar 28,3% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility; Usaha Mikro Kecil
Subjects: Financial Economics, Finance
Production, Industrial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rella Estin Fajriah
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:01
Last Modified: 20 Mar 2024 05:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85826

Actions (login required)

View Item View Item