Pembelajaran berdiferensiasi pada PAI materi Shalat untuk meningkatkan keterampilan membaca Doa dan Sikap Mandiri siswa : Penelitian di kelas 4 SDN 019 Pabaki dan SDN 003 Pagarsih Kota Bandung

Febriyadi, Fuky Ronald (2023) Pembelajaran berdiferensiasi pada PAI materi Shalat untuk meningkatkan keterampilan membaca Doa dan Sikap Mandiri siswa : Penelitian di kelas 4 SDN 019 Pabaki dan SDN 003 Pagarsih Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (928kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Fuky Ronald Febriyadi. Pembelajaran Berdiferensiasi pada PAI Materi Shalat untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Doa dan Sikap Mandiri Siswa (Penelitian di Kelas 4 SDN Pabaki dan Pagarsih Kota Bandung). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum medeka yang mengembangkan pendekatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan keterampilan membaca doa-doa dan sikap mandiri siswa. SDN 019 Pabaki yang terletak di dekat pusat Kota Bandung sudah melaksanakan kurikulum merdeka, namun ada permasalahan yang ada di sekitar sekolah yaitu adanya kenakalan remaja sampai tawuran padahal pada kurikulum merdeka menekankan kepada karakter maka dari itu peneliti ingin meneliti pembelajaran berdiferensiasi yang ada di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini: (1) Mengidentifikasi keterampilan membaca siswa yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi dan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran PAI materi shalat di SDN 019 Pabaki dan SDN 003 Pagarsih. (2) Mengidentifikasi sikap mandiri siswa yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi dan pendekatan konteksual pada mata pelajaran PAI materi shalat di SDN 019 Pabaki dan SDN 003 Pagarsih. (3) Mengidentifikasi tanggapan guru dan siswa terhadap pengguanaan pendekatan berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI materi shalat. Penelitian ini didasarkan pada kajian teori pemikiran dari Tomlinson dan Ki Hajar Dewantara yang direalisasikan pada kurikulum merdeka yaitu menurut Tomlinson bahwa mencampurkan semua perbedaan untuk mendapatkan suatu informasi, membuat ide dan mengekspresikan apa yang mereka pelajari dilanjutkan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa pendidikan ini harus berimbang, dimana pendidikan membantu individu untuk mengenal potensi dirinya, dan memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk menempatkan keunggulan-keunggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen atau eksperimen semu untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang muncul. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara variabel X1 (pendekatan berdiferensiasi) dengan Y1 (keterampilan membaca siswa) dan Y2 (sikap mandiri siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, tes (pre-test dan post-test), dan angket. Berdasarkan hasil penelitian: (1) Keterampilan membaca siswa yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi dan pendekatan konteksual memiliki perbedaan keterampilan membaca pada mata pelajaran PAI materi shalat di SDN 019 Pabaki dan SDN 003 Pagarsih kota Bandung. (2) Perbedaan sikap mandiri siswa yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi dan pendekatan konteksual terdapat pada mata pelajaran PAI materi shalat. Perbedaan dan permasalahan yang ada pada latar belakang dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan sarana prasarana (3) Tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan pendekatan berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI materi shalat di pada kelas eksperimen sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berdiferensiasi; Literasi; Mandiri dan Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuky Ronald Febriyadi
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:24
Last Modified: 21 Mar 2024 07:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85897

Actions (login required)

View Item View Item