Penggunaan Cyber Counseling dalam layanan konseling Islami untuk mengurangi kecanduan Game Online : Penelitian di SMK Nurulhidayah Pasundan Kabupaten Cianjur pada Masa Covid-19

Khaerani, Restu Listia (2023) Penggunaan Cyber Counseling dalam layanan konseling Islami untuk mengurangi kecanduan Game Online : Penelitian di SMK Nurulhidayah Pasundan Kabupaten Cianjur pada Masa Covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Penggunaan cyber counseling dapat menjadi strategi dalam pelaksanaan layanan konseling Islami untuk mengurangi kecanduan game online di SMK Nurulhidayah Pasundan Kabupaten Cianjur pada masa covid-19. Dengan teknologi ini, konselor atau guru bimbingan konseling dapat menerapkan berbagai inovasi untuk memberikan bantuan layanan sehingga memudahkan dalam membantu mengatasi permasahan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program, teknik dan hasil dari penggunaan cyber counseling dalam layanan konseling Islami untuk mengurangi kecanduan game online di SMK Nurulhidayah Pasundan Kabupaten Cianjur pada masa covid-19. Metode dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi secara tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan cyber counseling dalam layanan konseling Islami untuk mengurangi kecanduan game online di SMK Nurulhidayah Pasundan Kabupaten Cianjur pada masa covid-19 berhasil dilakukan karena konseli telah mencapai kehidupan sehari-hari yang efektif (EDL) atau kembali ke kehidupan normalnya sehingga terjadi penurunan indikator kecanduan game online yang dialami oleh konseli sebelumnya yaitu: 1) salience, 2) mood change dan 3) conflict. Karena pada prosesnya konselor atau guru BK menyediakan ruang aman dan terapeutik bagi siswa secara virtual menggunakan metode penalaran logis melalui beberapa tahapan yaitu 1) tahap persiapan, 2) tahap proses dan 3) tahap pasca konseling untuk mengajak konseli berfikir dengan memberikan pilihan-pilihan dan konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil sebagai upaya membantu mengurangi kecanduan game online pada siswa serta dapat mengoptimalkan potensi siswa agar sesuai dengan fitrahnya sebagai makhluk Allah SWT dalam mewujudkan kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Temuan ini juga memberikan kontribusi bagi pengembangan cyber counseling dalam layanan BK di sekolah menjadi lebih adaptif dan responsif pada masa covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: cyber counseling; layanan konseling islami; kecanduan game online; covid-19;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Restu Listia Khaerani
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:21
Last Modified: 21 Mar 2024 05:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85908

Actions (login required)

View Item View Item