Khaerani, Restu Listia (2023) Penggunaan Cyber Counseling dalam layanan konseling Islami untuk mengurangi kecanduan Game Online : Penelitian di SMK Nurulhidayah Pasundan Kabupaten Cianjur pada Masa Covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (1).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV (2).pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
Abstract
Penggunaan cyber counseling dapat menjadi strategi dalam pelaksanaan layanan konseling Islami untuk mengurangi kecanduan game online di SMK Nurulhidayah Pasundan Kabupaten Cianjur pada masa covid-19. Dengan teknologi ini, konselor atau guru bimbingan konseling dapat menerapkan berbagai inovasi untuk memberikan bantuan layanan sehingga memudahkan dalam membantu mengatasi permasahan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program, teknik dan hasil dari penggunaan cyber counseling dalam layanan konseling Islami untuk mengurangi kecanduan game online di SMK Nurulhidayah Pasundan Kabupaten Cianjur pada masa covid-19. Metode dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi secara tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan cyber counseling dalam layanan konseling Islami untuk mengurangi kecanduan game online di SMK Nurulhidayah Pasundan Kabupaten Cianjur pada masa covid-19 berhasil dilakukan karena konseli telah mencapai kehidupan sehari-hari yang efektif (EDL) atau kembali ke kehidupan normalnya sehingga terjadi penurunan indikator kecanduan game online yang dialami oleh konseli sebelumnya yaitu: 1) salience, 2) mood change dan 3) conflict. Karena pada prosesnya konselor atau guru BK menyediakan ruang aman dan terapeutik bagi siswa secara virtual menggunakan metode penalaran logis melalui beberapa tahapan yaitu 1) tahap persiapan, 2) tahap proses dan 3) tahap pasca konseling untuk mengajak konseli berfikir dengan memberikan pilihan-pilihan dan konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil sebagai upaya membantu mengurangi kecanduan game online pada siswa serta dapat mengoptimalkan potensi siswa agar sesuai dengan fitrahnya sebagai makhluk Allah SWT dalam mewujudkan kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Temuan ini juga memberikan kontribusi bagi pengembangan cyber counseling dalam layanan BK di sekolah menjadi lebih adaptif dan responsif pada masa covid-19.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cyber counseling; layanan konseling islami; kecanduan game online; covid-19; |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Restu Listia Khaerani |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:21 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 05:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85908 |
Actions (login required)
View Item |