Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan melalui pembelajaran Akidah Akhlak : Penelitian di MA Darul Arqam Putra Garut

Safwannur, Safwannur (2023) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan melalui pembelajaran Akidah Akhlak : Penelitian di MA Darul Arqam Putra Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita semangat Islam berkemajuan yang senantiasa mengarahkan produk pendidikan yakni peserta didik untuk menjadi pribadi moderat dalam kehidupan. Hal tersebut didukung oleh usaha madrasah yang turut berupaya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan pada peserta didiknya. Permasalahan pada penelitian ini meliputi nilai-nilai, proses, faktor penunjang dan penghambat, serta hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan melalui pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami: 1) Nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Arqam Putra Garut, 2) Proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Arqam Putra Garut, 3) Faktor penunjang dan faktor penghambat nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Arqam Putra Garut, 4) Hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Arqam Putra Garut. Penelitian ini menggunakan teori internalisasi nilai dengan tahapan transformasi, transaksi, dan transinternalisasi yang dilaksanakan dalam program harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi di lokasi penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Miles and Huberman yaitu teknik analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan terus-menerus sampai tuntas sehingga data menjadi jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Arqam Putra Garut terdiri dari: Tasāmuḥ (Toleransi), Tawāzun (Seimbang), Musāwah (Egaliter), Tawaṣṣuṭ (Sederhana/ Tengahan), ‘Adalah (Adil), Syūrā (Musyawarah), dan Ta’āwun (saling menolong), 2) Proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama perspektif Islam berkemajuan melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di MA Darul Arqam Putra Garut dilaksanakan dalam program harian, program mingguan, program bulanan dan tahunan, dilakukan melalui tiga proses, yaitu Transformasi nilai, Transaksi nilai dan Transinteralisasi nilai, 3) Faktor penunjang terdiri dari faktor penunjang internal dan faktor penunjang eksternal, sedangkan faktor penghambatnya ketidakseragaman dalam memahami moderasi beragama, 4) Hasil penelitian ini bersifat positif, yakni siswa bersikap moderat baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; Moderasi Beragama; Islam Berkemajuan
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Safwannur Safwannur
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:43
Last Modified: 22 Mar 2024 07:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85916

Actions (login required)

View Item View Item