Pengaruh metode Targhib dan Tarhib terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian pada siswa kelas X MA Ar-Rosyidiyah Bandung

Arifin, Fikri (2024) Pengaruh metode Targhib dan Tarhib terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian pada siswa kelas X MA Ar-Rosyidiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MA Ar-Rosyidiyah bahwa fenomena yang terjadi yaitu masih minimnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits, hal ini bisa terjadi karena kurang tepat dan bervariasinya suatu metode belajar yang digunakan, oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits dengan menggunakan metode Targhib dan Tarhib Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran menggunakan metode Targhib dan Tarhib pada mata pelajaran al-Qur’an dan hadits di kelas X MA Ar-Rosyidiyah. 2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an dan hadits di kelas X MA Ar-Rosyidiyah. 3) Pengaruh metode Targhib dan Tarhib terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata di kelas X MA Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai macam metode yang digunakan, salah satunya adalah metode targhib dan tarhib. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits antara kelas yang menggunakan pembelajaran konvesional dan kelas yang menggunakan metode targhib dan tarhib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian terdiri dari 19 siswa dari kelas X IPA, yang bertindak sebagai kelas eksperimen, dan 19 siswa dari kelas X IPS, yang bertindak sebagai kelas kontrol di MA Ar-Rosyidiyah Bandung. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan berbagai alat seperti observasi, kuisioner/angket, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji duarerata, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan, baik melalui pembahasan dan dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: 1) Proses pembelajaran menggunakan metode Targhib dan Tarhib pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits khususnya materi kemukjizatan al-Qur’an di kelas X MA Ar-Rosyidiyah, dapat dinilai baik secara keseluruhan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan. Hal ini dapat dilihat dari skor perolehan observasi pembelajaran dengan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 80,30%: 2) Realitas motivasi belajar siswa sebelum penggunaan metode pembelajaran Targhib dan Tarhib berada pada kategori rendah. Hal ini ditinjau dari hasil perolehan angket pertama yang diperoleh, dengan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,79 dan kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,58; (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa setelah penggunaan metode pembelajaran Targhib dan Tarhib berada pada kategori sedang. Hal ini dapat ditinjau dari hasil uji dua rerata yang telah dilakukan yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebelum digunakan metode Targhib dan Tarhib adalah 63,58, sedangkan setelah setelah penggunaan metode Targhib dan Tarhib menjadi 73,05, atau dapat diinterpretasikan meningkat sebesar 9,47%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode Targhib dan Tarhib terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Targhib dan Tarhib; motivasi belajar; siswa; Al-Quran Hadits
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fikri arifin Arifin
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:12
Last Modified: 28 Mar 2024 05:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/85997

Actions (login required)

View Item View Item