Bimbingan membaca Al-Qur’an melalui pengenalan huruf Hijaiyah menggunakan metode Iqra Flashcard untuk anak Tunarungu : Penelitian di SLB PGRI Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya

Arizma, Mia Nur (2023) Bimbingan membaca Al-Qur’an melalui pengenalan huruf Hijaiyah menggunakan metode Iqra Flashcard untuk anak Tunarungu : Penelitian di SLB PGRI Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada program bimbingan membaca Al-Qur’an melalui pengenalan huruf hijaiyah menggunakan metode iqra flashcard untuk anak tunarungu di SLB PGRI Ciawi. Sekolah ini memainkan peran penting dalam membantu anak-anak berkebutuhan khusus berkembang dan belajar. Metode flashcard menggabungkan pendekatan visual dengan bahasa isyarat, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk memahami huruf hijaiyah dengan lebih mudah. Program ini dilaksanakan dalam tiga tahap pembelajaran utama, yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan secara sistematis dan mendalam tentang penerapan bimbingan membaca Al-Qur’an melalui pengenalan huruf hijaiyah menggunakan metode iqra flashcard untuk anak tunarungu di SLB PGRI Ciawi, Tasikmalaya. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan informan yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru pembimbing, dan 4 orang tua siswa tunarungu. Data primer diperoleh secara langsung dari observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber yang relevan dengan penelitian. Unit penelitian terdiri dari 4 orang siswa tunarungu di SLB PGRI Ciawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap huruf hijaiyah. Meskipun demikian, terdapat perbedaan pencapaian di antara peserta didik, dipengaruhi oleh tingkat pendengaran dan dukungan lingkungan mereka.Dengan demikian, penelitian ini menyoroti betapa pentingnya memberikan pendekatan khusus dan perhatian pada anak tunarungu dalam pembelajaran Al-Qur'an. Melalui bimbingan huruf hijaiyah menggunakan metode iqra flashcard, anak tunarungu dapat mengatasi keterbatasan mereka dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan dan rekomendasi bagi pendidik dan orang tua dalam membantu anak tunarungu mengembangkan potensi mereka dalam mempelajari Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Membaca Al-qur'an; Metode Iqra'; Flashcard; Anak tunarungu
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mia Nur Arizma
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:31
Last Modified: 26 Mar 2024 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86013

Actions (login required)

View Item View Item