Tanggapan siswa terhadap penerapan metode LIBAT hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur'an : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP PGRI 10 Kota Bandung

Ramadhani, Muhammad Nur Rizki (2023) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode LIBAT hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur'an : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMP PGRI 10 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

berdasarkan studi pendahuluan bahwa metode LIBAT yang diterapkan di kelas VII SMP PGRI 10 Kota Bandung mendapatkan tanggapan positif dari sebagian siswa karena bisa membantu dalam membaca Al-Qur’an, namun dari jumlah keseluruhan 30 siswa setengah diantaranya yaitu 15 siswa masih merasa kesulitan ditunjukkan dengan tidak bisa membedakan huruf hijaiyah sehingga pelafalan dan bacaanya masih belum sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa kelas VII SMP PGRI 10 Kota Bandung terhadap penerapan metode LIBAT. 2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di SMP PGRI 10 Kota Bandung. 3) Tanggapan siswa kelas VII SMP PGRI 10 Kota Bandung terhadap penerapan metode LIBAT hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al- Qur’an. Penelitian ini berdasarkan pada pendapat Muhammad Abdul Rohim Ghunaimah bahwa metode adalah suatu cara yang praktis dalam menjalankan proses pembelajaran untuk mencapi tujuan dan maksud pengajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penerapan metode LIBAT maka kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an semakin baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Respondenya yaitu siswa kelas VII SMP PGRI 10 Kota Bandung yang berjumlah 30 siswa. Analisis data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Realitas tanggapan siswa kelas VII SMP PGRI 10 Kota Bandung terhadap penerapan metode LIBAT berkategori positif, dengan nilai rata-rata sebesar 3,70 yang berada pada interval 3,50 – 4,50. 2) Realiatas kemampuan membaca Al-Qur’an kelas VII di SMP PGRI 10 Kota Bandung berkategori baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata sebesar 79 yang berada pada interval 70 – 79. 3) Tangggapan siswa kelas VII SMP PGRI 10 Kota Bandung terhadap penerapan metode LIBAT hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an, adalah: (a) Koefisien korelasi termasuk pada kategori sedang dan memiliki arah hubungan yang negative. Dengan nilai signifikansi 0,004 dimana 0,004 < 0,05 artinya terdapat korelasi dan memiliki derajat hubungan 0,507 dengan berada pada kategori nilai pearson correlation 0,41- 0,60. (b) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung (=3,114) > ttabel (=2,048). Maka, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat hubugan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerepan metode LIBAT dengan kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an di kelas VII SMP PGRI 10 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode LIBAT; kemampuan siswa; membaca Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Nur Rizki Ramadhani
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:06
Last Modified: 02 Apr 2024 04:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86206

Actions (login required)

View Item View Item