Komodifikasi Agama di media sosial : Studi kasus pada Pemuda Hijrah di Cicalengka Kabupaten Bandung

Sa'dullah, Aceng (2023) Komodifikasi Agama di media sosial : Studi kasus pada Pemuda Hijrah di Cicalengka Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Keyakinan agama seseorang dapat mengalami transformasi sejalan dengan perubahan dalam lingkungan sosial, ekonomi, politik, dan teknologi. Di antara generasi muda, terjadi perubahan dalam cara mereka mengekspresikan keyakinan agama, yang dapat dilihat melalui munculnya kelompok Pemuda Hijrah Cicalengka. Isu sentral yang ditekankan dalam penelitian ini adalah fenomena keyakinan agama di masyarakat Cicalengka, terutama yang tercermin dalam gerakan Pemuda Hijrah, yang saat ini semakin menonjol sebagai fenomena agama yang signifikan. Penelitian tesis bertujuan untuk mengetahui, menganalisis tentang, sejarah pemikiran keagamaan Pemuda Hijrah di Cicalengka, pengaruh media sosial dalam membentuk pandangan pemuda Hijrah di Cicalengka terhadap agama, bentuk komodifikasi agama yang dilakukan oleh Pemuda Hijrah di Cicalengka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: grand teory sosiologi dakwah, middle theory komodifikasi agama dan apply theory media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Data diperoleh melalui pengumpulan data di lapangan, meliputi wawancara mendalam dan terstruktur, serta sumber-sumber kepustakaan. Hasil dari studi literatur dan penelitian lapangan disajikan sebagai temuan penelitian. Data yang telah dipresentasikan kemudian disederhanakan untuk mengungkap fakta-fakta penting. Langkah selanjutnya, data ini diinterpretasi untuk menghasilkan informasi atau pengetahuan Hasil temuan penelitian ini adalah: Pertama, Proses konversi/hijrah para anggota pemuda hijrah Cicalengka melibatkan hubungan pribadi, partisipasi dalam ritual. Para jamaah belajar menerapkan ajaran baru dalam seluruh aspek kehidupan mereka. Gerakan ini mengembangkan self-control dan murū’ah (kehormatan diri) melalui kajian rutin. Kedua, penggunaan media sosial memungkinkan narasi dakwah yang efektif melalui format pesan singkat audio-visual yang mempengaruhi emosi dan kesadaran pengguna secara berulang. Gerakan Pemuda Hijrah lebih diterima karena menyesuaikan dengan nilai-nilai street culture, memberikan perlindungan dari dampak negatif globalisasi, dan memberikan ruang bagi hobi anak muda. Ketiga, pemuda hijrah Cicalengka menciptakan konten yang menarik dan sesuai dengan selera audiens online, menggunakan gaya berpakaian yang mencerminkan pandangan hijrah, dan menjual merchandise dengan logo mereka untuk memperkuat identitas gerakan. Saran pada studi lebih lanjut yang memfokuskan pada dampak komodifikasi agama terhadap identitas dan keyakinan religius menggunakan perspektif komunikasi dakwah, antropologi dakwah sehingga dapat memberikan wawasan tentang bagaimana media sosial membentuk persepsi pemuda hijrah terhadap agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi Agama; Media Sosial; Komunikasi; Pemuda Hijrah
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: SAEFUL APUY heidegger
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:06
Last Modified: 04 Apr 2024 04:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86253

Actions (login required)

View Item View Item