Manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia : Studi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut

Hermawan, Yadi (2024) Manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia : Studi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (116kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA...pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Kepala madrasah sebagai pemimpin tertinggi madrasah memiliki peran yang krusial dalam meningkatkan mutu dan memberdayakan sumber daya di Madrasah. Pola kepemimpinannya sangat mempengaruhi bahkan sebagai penentu kemajuan madrasah yang menjadi tugas pokoknya adalah memimpin dan mengelola guru beserta staf untuk bekerja dengan baik guna mencapai tujuan madrasah. bermutu atau tidak sumber daya manusia dilihat dari kinerja kepala madrasah dalam menggerakkan seluruh warga Madrasah. Meningkatkan mutu sumber daya manusia adalah sebuah upaya yang dapat dilakukan kepala madrasah dalam mengembangkan lembaga pendidikan. Erat antara mutu kepala madrasah diberbagai aspek kehidupan madrasah seperti disiplin madrasah dan iklim budaya madrasah. maka kepala madrasah harus menjalankan fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan koordinasi, serta pengendalian kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu sumber daya Manusia di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah dengan informan penelitian para wakil kepala madrasah, guru-guru, perwakilan orang tua peserta didik dan tokoh masyarakat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Garut adalah : 1. Perencanaan Kepala Madrasah melibatkan wakil kepala madrasah, guru, dan komite yang dibuat berdasakan kesepakatan bersama. 2. Pengorganisasian Kepala Madarasah adalah dengan memberdayakan sumber daya Madrasah sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, serta menanamkan kepercayaan kepada seluruh warga Madrasah dalam melaksanakan tugasnya. 3. Pengarahan dan koordinasi dapat tergambar dari keterampilan Kepala Madrasah dalam mengorganisir dan megarahkan para pendidik dan tenaga kependidikan dengan cara memberi petunjuk tekis. 4. Pengawasan dilakukan kepala madrasah dengan menyediakan instrumen supervisi akademik yang memuat kriteria sebagai tolak ukur penilaian, memberikan keritikan dan saran untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kepemimpinan; Kepala Madrasah; Mutu sumber daya manusia
Subjects: Islam
Education
General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: hermawan yadi
Date Deposited: 23 Apr 2024 06:19
Last Modified: 23 Apr 2024 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86420

Actions (login required)

View Item View Item