Pengaruh Academic Stress terhadap Psychological Well-Being pada mahasiswa dengan Gratitude sebagai Variabel Moderator

Delima, Wildan Fajar (2023) Pengaruh Academic Stress terhadap Psychological Well-Being pada mahasiswa dengan Gratitude sebagai Variabel Moderator. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir memiliki beban tanggung jawab menyelesaikan berbagai sidang atau ujian menjelang lulus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adakah pengaruh stress academic terhadap psychological well-being pada mahasiswa tingkat akhir dengan gratitude sebagai variabel moderator. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada mahasiswa angkatan 2016-2019 dengan sampel sebanyak 312 mahasiswa. Analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh stress academic terhadap psychological well-being adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa stress academic memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap psychological well-being sebesar 13,9% dengan nilai sig. -0,406. Berdasarkan hasil ujij MRA diketahui bahwa gratitude menjadi moderator hubungan antara stress academic dan psychological well-being.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: stress academic; psychological well-being; gratitude
Subjects: Psychology > Dictionaries and Encyclopedia of Psychology
Psychology > Experinmental Research
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: wildan fajar delima
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:19
Last Modified: 29 Apr 2024 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86466

Actions (login required)

View Item View Item