Strategi komunitas Dakwah dalam mensosialisasikan Salat Subuh berjamaah : Studi deskriptif kegiatan komunitas Bikers Subuhan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya

Naufal, Indi Augi (2024) Strategi komunitas Dakwah dalam mensosialisasikan Salat Subuh berjamaah : Studi deskriptif kegiatan komunitas Bikers Subuhan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan salat berjamaah, terutama pada salat Subuh, menunjukkanpenurunan dalam masyarakat saat ini. Kurangnya sosialisasi tentang pentingnya salat Subuh berjamaah merupakan salah satu penyebabnya. Komunitas Bikers Subuhan Singaparna hadir untuk mengatasi masalah ini dengan menjadi agen sosialisasi salat Subuh berjamaah.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi yang digunakan oleh komunitas tersebut. Strategi ini mencakup penyusunan rencana kegiatan komunitas, pola dakwah yang mereka terapkan, dan daya tarik komunitas dalam peranannya dalam mensosialisasikan salat Subuh berjamaah kepada masyarakat. Dalam analisis strategi komunitas Bikers Subuhan, peneliti mengambil inspirasi dari teori "5 P's Of Strategy" yang digagas oleh Henry Mintzberg. 5 pandangan tersebut adalah Strategy as iPlan (Strategi sebagai Rencana), Strategy as Ploy (Strategi sebagai Taktik), Strategy as Pattern (Strategi Sebagai Pola), iStrategy as iPosition (Strategi sebagai Posisi/Daya tarik), dan Strategy as iPerspective (Strategi sebagai Perpespekti). Namun, Penelitian ini berfokus pada tiga konsep utama: "Plan" (Rencana), "Pattern" (Pola), dan "Position" (Daya tarik). Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme, dengan metode studi deskriptif. Sedangkan jenis data penelitian merupakan data kualitiatif dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari proses wawancara manuscript, dan sumber data sekunder yang diperoleh dari pustaka-pustaka yang memiliki relevansi dan bisa menunjang penelitian. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengidentifikasi perencanaan kegiatan yang melibatkan pemilihan masjid, penjadwalan kegiatan, pengelolaan dana, dan faktor-faktor penghambat yang dihadapi oleh komunitas dalam sosialisasi salat Subuh berjamaah. Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa komunitas Bikers Subuhan menggunakan pola dakwah "bil hal," yakni mengajak kepada kebaikan melalui tindakan nyata. Mereka juga memiliki daya tarik tersendiri dari berbagai perspektif, berbeda dari komunitas lain, dan memiliki potensi untuk berhasil dalam sosialisasi salat Subuh berjamaah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna tentang strategi dakwah dalam konteks sosialisasi salat Subuh berjamaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Komunitas Bikers Subuhan; Sosialisasi; Salat Subuh Berjamaah.
Subjects: Communities
Customs of People > Organization and Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Indi Augi Augi innaf
Date Deposited: 03 May 2024 02:08
Last Modified: 03 May 2024 02:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86730

Actions (login required)

View Item View Item