Persepsi dan pengambilan keputusan Childfree di kalangan mahasiswa Indonesia : Studi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Putra, Raafi Herdiansyah (2024) Persepsi dan pengambilan keputusan Childfree di kalangan mahasiswa Indonesia : Studi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengkaji mengenai persepsi dan pengambilan keputusan childfree (hidup tanpa anak) di kalangan mahasiswa dengan fokus kajian mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN Bandung). Berdasarkan kajian-kajian sebelumnya, childfree banyak dilakukan oleh orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Kampus ini menarik untuk di kaji mengingat misinya untuk meningkatkan sumber daya manusia yang cakap secara mental, spiritual, dan intelektual. Frase ‘spiritual’ menegaskan mahasiswa UIN Bandung dituntut untuk mendapatkan pemahaman agama yang baik utamanya dalam mengambil sebuah keputusan termasuk dalam isu childfree dalam ranah sosial dan agama. Dianalisis menggunakan teori pilihan rasional James Coleman, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa UIN Bandung berkenaan dengan fenomena childfree; untuk mengungkapkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi mahasiswa UIN Bandung tentang childfree; dan untuk mengetahui keputusan yang diambil oleh mahasiswa UIN Bandung setelah mempersepsikan childfree. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan mixed method (metode campuran antara kuantitatif dan kualitatif). Pendekatan kuantitatif menggunakan survei yang melibatkan 100 responden tersebar di seluruh fakultas UIN Bandung menggunakan skala Guttman dengan pengambilan sample menggunakan teknik multi stage sampling dan simple random sampling. Sedangkan pendekatan kualitatif menggunakan wawancara tidak terstruktur kepada sembilan informan dengan masing-masing satu perwakilan di setiap fakultas menggunakan purposive random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa UIN Bandung cenderung mempersepsikan childfree sebagai suatu hal yang negatif dan hanya sebagian kecil dari mereka yang mempersepikan childfree sebagai suatu hal yang postitif; faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa UIN Bandung adalah keperibadian, situasional, dan target; dan pengambilan keputusan mahasiswa UIN Bandung setelah mempersepsikan childfree dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu mahasiswa yang mempersepsikan negatif menginginkan anak, mahasiswa yang mempersepsikan positif memilih childfree, dan mahasiswa yang mempersepsikan childfree positif menginginkan anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Childfree; Persepsi; Mahasiswa; Pilihan Rasional
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Raafi Herdiansyah Putra
Date Deposited: 06 May 2024 07:44
Last Modified: 06 May 2024 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86752

Actions (login required)

View Item View Item