Penerapan model pembelajaran Role Reversal Question untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Darul Ulum

Wahyuni, Yuni (2024) Penerapan model pembelajaran Role Reversal Question untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA : Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Darul Ulum. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di MI Darul Ulum diperoleh informasi bahwa kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA masih kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan pemahaman siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Role Reversal Question. 2) Proses penerapan model pembelajaran Role Reversal Question pada setiap siklus. 3) Hasil kemampuan pemahaman siswa setelah menerapkan model pembelajaran Role Reversal Question. 4) Kemampuan pemahaman siswa setelah seluruh siklus dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Role Reversal Question. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu mix method dengan metode penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes soal uraian. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Ulum yang berjumlah 39 orang. Kemampuan pemahaman siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Role Reversal Question memperoleh ketuntasan klasikal 35.13% dengan kategori sangat kurang. Proses penerapan model pembelajaran Role Reversal Question memperoleh hasil aktivitas guru pada siklus I tindakan I 70% dan tindakan II 80% dengan kategori baik serta pada siklus II tindakan I 90% dan tindakan II 100% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tindakan I 61,08% dan tindakan II 74,56% dengan kategori baik serta pada siklus II tindakan I 90% dan tindakan II 100% dengan kategori sangat baik. Kemampuan pemahaman siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Role Reversal Question pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,35 dengan ketuntasan klasikal 67,56% dan termasuk kategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 83,34 dengan ketuntasan klasikal 86,84% dengan kategori sangat baik. Kemudian kemampuan pemahaman siswa setelah seluruh siklus dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Role Reversal Question memperoleh nilai rata-rata 86,58 dan ketuntasan klasikal 88,88% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan penelitian ini sudah mencapai lebih dari 75% dari jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 86,84% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA setelah diterapkannya model pembelajaran Role Reversal Question mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Role Reversal Question; Kemampuan Pemahaman; IPA
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuni wahyuni
Date Deposited: 06 May 2024 06:39
Last Modified: 06 May 2024 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86875

Actions (login required)

View Item View Item