Pengaruh Sales Growth, Gross Profit Margin dan Leverage terhadap Stock Return pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia: Studi di PT. Aneka Tambang Tbk periode 2013-2022

Maulida, Rohmatun Nadia (2024) Pengaruh Sales Growth, Gross Profit Margin dan Leverage terhadap Stock Return pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia: Studi di PT. Aneka Tambang Tbk periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Investasi dalam saham adalah salah satu cara umum yang digunakan oleh investor untuk mendapatkan keuntungan. Sebelum berinvestasi, calon investor akan menilai kinerja perusahaan melalui laporan keuangan. Sales Growth merupakan alat ukur dalam menilai kinerja perusahaan, naik turunnya penjualan akan mempengaruhi keuntungan yang diperoleh perusahaan. Gross Profit Margin merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba terhadap penjualan. Sedangkan Leverage menunjukkan pengaruh utang dalam mendorong terjadinya peningkatan penjualan dengan tujuan untuk meningkatkan potensi keuntungan bagi para pemegang saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Sales Growth secara parsial terhadap Stock Return; 2) Pengaruh Gross Profit Margin secara parsial terhadap Stock Return; 3) Pengaruh Leverage secara parsial terhadap Stock Return; 4) Pengaruh Sales Growth, Gross Profit Margin dan Leverage secara simultan terhadap Stock Return pada PT. Aneka Tambang Tbk. Kerangka pemikiran penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Sales Growth dan Gross Profit Margin berpengaruh positif terhadap Stock Return. artinya apabila Sales Growth dan Gross Profit Margin naik, maka Stock Return akan naik, begitupun sebaliknya. Sedangkan Leverage berpengaruh negatif terhadap Stock Return, artinya apabila Leverage naik maka Stock Return akan turun, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di dapat dari laporan keuangan tahun 2013-2022 PT. Aneka Tambang Tbk. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Asosiatif dan Uji Hipotesis. Pengolahan data menggunakan SPSS dan Microsoft Excel 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Sales Growth secara parsial tidak berpengaruh terhadap Stock Return dengan nilai koefisien determinasi sebesar 7,7% dibuktikan oleh hasil uji t sebesar -1,050 < 0,05 dengan nilai signifikansi 0,325 > 0,05. 2) Gross Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh terhadap Stock Return dengan nilai koefisien determinasi sebesar 1,3%, dibuktikan oleh hasil uji t sebesar 0,685 < 2,44691 dengan nilai signifikansi 0,513 > 0,05. 3) Leverage secara parsial tidak berpengaruh terhadap Stock Return dengan nilai koefisien determinasi sebesar 1,3% dibuktikan oleh hasil uji t sebesar 0,141 < 2,44691 dengan nilai signifikansi 0,891 > 0,05. 4) Secara simultan, Sales Growth, Gross Profit Margin dan Leverage tidak berpengaruh terhadap Stock Return dengan nilai koefisien determinasi sebesar 7,71% dibuktikan oleh hasil uji f sebesar 0,697 < 4,76 pada PT. Aneka Tambang Tbk Periode 2013-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sales Growth; Gross Profit Margin; Leverage dan Stock Return
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions
Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rohmatun Nadia Maulida
Date Deposited: 08 May 2024 06:01
Last Modified: 08 May 2024 07:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87094

Actions (login required)

View Item View Item