Aktivitas digital public relations sebagai upaya penyebaran informasi: Studi Kasus pada Divisi Humas Kepolisian Daerah Jawa Barat

Ramadhan, Rio Rizky (2024) Aktivitas digital public relations sebagai upaya penyebaran informasi: Studi Kasus pada Divisi Humas Kepolisian Daerah Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Humas Polda Jawa Barat dalam menyebarkan informasi kepada publiknya melibatkan aktivitas berbasis Digital Public Relations melalui pemanfaatan platform-platform media sosial agar sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di era digital. Media sosial merupakan salah satu New Media yang berkembang pesat pada era digital saat ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana sistem komputasi (computing), proses komunikasi (communication), serta pembentukan dan penyebaran konten (content) dalam aktivitas Digital Public Relations sebagai upaya penyebaran informasi. Landasan dalam penelitian ini yaitu Konsep 3C konvergensi media yang dikembangkan oleh Henry Jenkins. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan melalui hasil observasi dengan jenis observasi partisipasi pasif, wawancara dengan jenis wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode penelitian ini digunakan untuk memperoleh gambaran dan data faktual yang terjadi di lapangan berkaitan dengan aktivitas Digital Public Relations sebagai upaya penyebaran informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Polda Jawa Barat telah menjalankan aktivitas Digital Public Relations dengan berlandaskan kepada Konsep 3C dalam konvergensi media yang dikembangkan Henry Jenkins dengan tujuan untuk memusatkan informasi dalam server terpusat, membangun interaksi serta membina hubungan baik dengan publiknya melalui komunikasi dua arah, dan sebagai penyebar informasi berupa himbauan positif kepada publiknya sehingga akan memberikan dampak positif terhadap reputasi instansi kepolisian yang objektif, partisipasi, dan dipercaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Public Relations; Konvergensi Media; Media Sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Political dan Government Science > State
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rio Rizky Ramadhan
Date Deposited: 13 May 2024 07:16
Last Modified: 13 May 2024 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87337

Actions (login required)

View Item View Item