Ramadhan, Rio Rizky (2024) Aktivitas digital public relations sebagai upaya penyebaran informasi: Studi Kasus pada Divisi Humas Kepolisian Daerah Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
Abstract
Humas Polda Jawa Barat dalam menyebarkan informasi kepada publiknya melibatkan aktivitas berbasis Digital Public Relations melalui pemanfaatan platform-platform media sosial agar sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di era digital. Media sosial merupakan salah satu New Media yang berkembang pesat pada era digital saat ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana sistem komputasi (computing), proses komunikasi (communication), serta pembentukan dan penyebaran konten (content) dalam aktivitas Digital Public Relations sebagai upaya penyebaran informasi. Landasan dalam penelitian ini yaitu Konsep 3C konvergensi media yang dikembangkan oleh Henry Jenkins. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan melalui hasil observasi dengan jenis observasi partisipasi pasif, wawancara dengan jenis wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode penelitian ini digunakan untuk memperoleh gambaran dan data faktual yang terjadi di lapangan berkaitan dengan aktivitas Digital Public Relations sebagai upaya penyebaran informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Polda Jawa Barat telah menjalankan aktivitas Digital Public Relations dengan berlandaskan kepada Konsep 3C dalam konvergensi media yang dikembangkan Henry Jenkins dengan tujuan untuk memusatkan informasi dalam server terpusat, membangun interaksi serta membina hubungan baik dengan publiknya melalui komunikasi dua arah, dan sebagai penyebar informasi berupa himbauan positif kepada publiknya sehingga akan memberikan dampak positif terhadap reputasi instansi kepolisian yang objektif, partisipasi, dan dipercaya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Public Relations; Konvergensi Media; Media Sosial |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Political dan Government Science > State |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Rio Rizky Ramadhan |
Date Deposited: | 13 May 2024 07:16 |
Last Modified: | 13 May 2024 07:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87337 |
Actions (login required)
View Item |