Personal Branding @akumayess melalui media sosial Tiktok : Studi deskriptif kualitatif pada akun Tiktok @akumayess

Hidayat, Fani Alika Fatma (2024) Personal Branding @akumayess melalui media sosial Tiktok : Studi deskriptif kualitatif pada akun Tiktok @akumayess. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

Personal Branding adalah sebuah proses menciptakan citra diri setiap orang agar dikenali oleh khalayak publik. Hal ini melibatkan elemen-elemen seperti kompetensi, kepribadian, keunikan. Perkembangan digital saat ini, mempermudah setiap orang yang ingin membangun personal brandingnya melalui media sosial. Salah satunya adalah akun Tiktok @akumayess, yang memanfaatkan platform ini untuk membentuk personal brandingnya pada bidang storytaller. Penelitian ini menerapkan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan ialah deskriptif kalitatif, dengan data primer dan skunder melalui teknik pengumpulan data, yaitu observatori partisipatori pasif, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana @akumayess dalam membangun personal branding melalui media sosial Tiktok. Dengan konsep Circle-P yang dicetuskan oleh Silih Agung Wasesa. Konsep Circle-P yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi Competency, Connectivity, Creativity, Complience dan Contributions. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada beberapa tahapan dalam membangun personal branding @akumayess antara lain : (1) Competency yang dibangun yakni menampilkan kemampuannya dalam bercerita. Mayes kerap mengunggah konten berceritanya dengan konsisten, hingga Mayes dikenal sebagai content creator storytaller dengan ciri khasnya sendiri. (2) Connectivity yang Mayes bangun sebagai sarana yang efektif yaitu melalui media sosial Tiktok. Mayes memiliki cara komunikasi persuasif tersendiri untuk berhubungan dengan audiensnya. (3) Creativity yang dibangun ialah dengan cara penyampaian yang ekspresif, dan menambahkan efek suara yang sesuai dengan cerita yang disampaikan saat itu. Pembuatan konten tersebut dimaksimalkan dalam editing dengan menggunakan aplikasi tambahan yakni Capcut dan Imovie. (4) Compliance yang dibangun dalam menciptakan reputasi yaitu dengan bersikap sopan, membalas DM dan komentar yang ada pada setiap unggahannya. Selain itu, untuk menjaga reputasinya Mayes melalui konten yang dibagikan, membuat konten yang jujur dan apa adanya (5) Contribution yang dibangun dalam memberi manfaat melalui konten yang dibagikannya yaitu dengan membuat konten yang berisikan tips untuk seorang santri. Seiring dengan konten yang dibagikannya, Mayes juga melakukan evaluasi. Dengan tujuan agar dapat melahirkan konten-konten yang lebih baik dan memiliki kemajuan dan perkembangan dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding; Media Sosial; Tiktok Influencer.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Fani Alika Fatma Hidayat
Date Deposited: 16 May 2024 01:18
Last Modified: 16 May 2024 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87596

Actions (login required)

View Item View Item