Korean pop sebagai support system dalam pembelajaran mahasiswa: Penelitian pada mahasiswa penggemar korean pop di jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Octaviani, Resti (2024) Korean pop sebagai support system dalam pembelajaran mahasiswa: Penelitian pada mahasiswa penggemar korean pop di jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya masyarakat yang menganggap hal-hal yang berkaitan dengan Korean Pop sebagai hal negatif. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan memperlihatkan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan Korean Pop juga memiliki sisi positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran mahasiswa penggemar Korean Pop di Jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, kedudukan Korean Pop dalam pembelajaran mahasiswa di jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan untuk mengetahui alasan Korean Pop dapat menjadi support system dalam pembelajaran mahasiswa di jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Landasan teori yang digunakan adalah teori sistem Niklas Luhmann. Sistem adalah sesuatu yang hidup dan menghidupi diri sendiri dan merupakan sebuah proses diferensiasi dengan kompleksitas-kompleksitas kehidupan, yang menjadi sebuah sistem tersendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive. Sumber primer yaitu 10 orang informan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi non-partisipan. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa penggemar Korean Pop di Jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengikuti pembelajaran mereka dengan konvensional, dan menyertakan Korean Pop sebagai pendukung dalam proses belajar. Kedudukan Korean Pop ialah sebagai support system bagi mahasiswa penggemar Korean Pop di jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, diantaranya memberikan motivasi, kesejahteraan mental, dan dukungan sosial. Alasan korean pop dapat menjadi support system dalam pembelajaran mahasiswa di jurusan Sosiologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah mahasiswa merasakan dampak yang positif terhadap pengalaman belajar mahasiswa penggemar Korean Pop di Jurusan Sosiologi dan dorongan dari tekad dan prestasi yang ditunjukkan oleh idola-idola Korean Pop.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Korean Pop; Support System; Pembelajaran Mahasiswa
Subjects: Education > Sociology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Resti Octaviani
Date Deposited: 22 May 2024 06:50
Last Modified: 22 May 2024 06:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87922

Actions (login required)

View Item View Item