Konsumerisme pengunjung Transmart Buah Batu dalam perspektif Jean Baudrillard: Studi kasus pada remaja pengunjung Transmart Buah Batu

Sofyan, Andrian (2024) Konsumerisme pengunjung Transmart Buah Batu dalam perspektif Jean Baudrillard: Studi kasus pada remaja pengunjung Transmart Buah Batu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konsumerisme pada remaja yang berkunjung ke Transmart Buahbatu yang dilatarbelakangi oleh pola hidup remaja yang lebih mengutamakan gaya, kenampakan, tanda, dan juga citra. Nilai-tanda dan nilai-simbol tidak hanya ada pada produk yang diperjualbelikan, lebih dari itu, Transmart juga memiliki tanda dan simbolnya tersendiri. Berkunjung ke Transmart bukan lagi hanya untuk membeli kebutuhan hidupnya, selain hal itu untuk mendapatkan gengsi dan prestise. Menurut Baudrillard kegiatan mengonsumsi dilakukan bukan karena kebutuhannya untuk terus hidup, namun kegiatan konsumsi saat ini dilakukan demi status sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep konsumerisme Jean Baudrillard, untuk mengetahui perilaku konsumerisme pada remaja yang berkunjung ke Transmart Buah Batu, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan para remaja yang berkunjung ke Transmart Buah Batu berperilaku konsumtif. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data primer yaitu lima belas orang remaja pengunjung Transmart Buabatu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku-buku, jurnal, skripsi, artikel ilmiah, majalah, dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa remaja pergi berkunjung ke Transmart Buah Batu untuk melakukan kegiatan berbelanja, menonton film, bermain, mencari makan, atau sekedar jalan-jalan. Remaja memilih tempat ini karena fasilitas yang lengkap dan produk yang tertata rapih serta tempat yang bagus. Para remaja dalam mengonsumsi produk berdasarkan kepada brand atau merek karena mendapatkan citra dan simbol brand tersebut. Para remaja kebanyakan berperilaku konsumtif bahkan tidak jarang memaksakan gaya hidup yang mengutamakan prestise. Adapaun faktor-faktor yang mempengaruhi seperti ekonomi, kelompok referensi, lingkungan, keluarga, iklan, dan lain sebagainya. Remaja saat ini lebih mementingkan citra dari pada kebutuhannya, mereka menjadi korban dari budaya yang berbasis kepada tanda dan citra yang dikonstruksikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsumerisme; Jean Baudrillard; Remaja; Transmart Buah Batu
Subjects: Modern Western Philosophy
France Philosophy
Social Groups > Social Classes
Econmics > Philosophy and Theory of Economics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Andrian Sofyan
Date Deposited: 30 May 2024 03:33
Last Modified: 30 May 2024 03:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88176

Actions (login required)

View Item View Item