Manajemen strategik rekrutmen dalam meningkatkan kuantitas jemaah haji dan umrah: Studi kasus pada KBIHU Al-Magfiroh

Nurul, Agnia (2024) Manajemen strategik rekrutmen dalam meningkatkan kuantitas jemaah haji dan umrah: Studi kasus pada KBIHU Al-Magfiroh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen strategik rekrutmen calon jemaah haji menjadi tolak ukur yang mempengaruhi suatu KBIHU dalam merekrut Jemaahnya karena banyak persaingan dengan berbagai lembaga KBIHU lain, sehingga harus menggunakan strategi yang efektif dan efisien dengan memberikan pelayanan jasa bimbingan yang baik untuk menarik minat calon Jemaah haji untuk bisa bergabung di KBIHU Al-Magfiroh. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriftif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berupa data primer dan data sekunder yaitu menggunakan data-data yang terkait dengan permasalahan yang penulis bahas. Data primer penelitian ini diambil langsung dari informan yang terkait yaitu Pimpinan KBIHU, staf KBIHU, serta Jemaah KBIHU Al-Magfiroh. Sedangkan data sekunder yang diperoleh diambil dari beberapa laporan pelaksanaan bimbingan manasik haji KBIHU Al-Magfiroh. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dengan cara wawancara,observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa KBIHU Al-Magfiroh strategi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan strategi internal dan eksternal. Dalam menerapkan manajemen strategik rekrutmen calon Jemaah haji dengan menggunakan promosi melalui alumni Jemaah haji atau biasa disebut dengan brosur hidup yang telah mengikuti bimbingan manasik di KBIHU Al-Magfiroh. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan strategi internal dan eksternal. Implikasi penelitian dalam skripsi ini yaitu agar Pimpinan KBIHU Al- Magfiroh dapat meningkatkan kuantitas Jemaah nya dalam sistem perekrutan calon Jemaah haji dan umrah, berdasarkan data yang diperoleh selama menjalani penelitian bahwa KBIHU Al-Magfiroh dalam segi perekrutan nya terbilang kurang efektif karena hanya mengandalkan brosur hidup saja, maka dari itu sekiranya dapat memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi untuk dapat meningkatkan Jemaah yang lebih banyak lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Strategik; Haj; Umrah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Agnia Nurul Fitri
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:08
Last Modified: 06 Jun 2024 08:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88477

Actions (login required)

View Item View Item