Nurul, Agnia (2024) Manajemen strategik rekrutmen dalam meningkatkan kuantitas jemaah haji dan umrah: Studi kasus pada KBIHU Al-Magfiroh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen strategik rekrutmen calon jemaah haji menjadi tolak ukur yang mempengaruhi suatu KBIHU dalam merekrut Jemaahnya karena banyak persaingan dengan berbagai lembaga KBIHU lain, sehingga harus menggunakan strategi yang efektif dan efisien dengan memberikan pelayanan jasa bimbingan yang baik untuk menarik minat calon Jemaah haji untuk bisa bergabung di KBIHU Al-Magfiroh. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriftif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berupa data primer dan data sekunder yaitu menggunakan data-data yang terkait dengan permasalahan yang penulis bahas. Data primer penelitian ini diambil langsung dari informan yang terkait yaitu Pimpinan KBIHU, staf KBIHU, serta Jemaah KBIHU Al-Magfiroh. Sedangkan data sekunder yang diperoleh diambil dari beberapa laporan pelaksanaan bimbingan manasik haji KBIHU Al-Magfiroh. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dengan cara wawancara,observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa KBIHU Al-Magfiroh strategi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan strategi internal dan eksternal. Dalam menerapkan manajemen strategik rekrutmen calon Jemaah haji dengan menggunakan promosi melalui alumni Jemaah haji atau biasa disebut dengan brosur hidup yang telah mengikuti bimbingan manasik di KBIHU Al-Magfiroh. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan strategi internal dan eksternal. Implikasi penelitian dalam skripsi ini yaitu agar Pimpinan KBIHU Al- Magfiroh dapat meningkatkan kuantitas Jemaah nya dalam sistem perekrutan calon Jemaah haji dan umrah, berdasarkan data yang diperoleh selama menjalani penelitian bahwa KBIHU Al-Magfiroh dalam segi perekrutan nya terbilang kurang efektif karena hanya mengandalkan brosur hidup saja, maka dari itu sekiranya dapat memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi untuk dapat meningkatkan Jemaah yang lebih banyak lagi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Strategik; Haj; Umrah |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Agnia Nurul Fitri |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 08:08 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 08:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88477 |
Actions (login required)
View Item |