Susan, Maria (2024) Manajemen mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusif : Studi kasus di SMPN 51, SMP Alfa Centauri, SMP Al Biruni cerdas mulia, kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Indonesia : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dicanangkannya “Bandung Kota Inlkusif” yang mewajibkan semua sekolah, baik negeri maupun swasta menerima Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Sementara kesiapan sumber daya manusia di setiap sekolah belum merata. Hal ini menjadi permasalahan tersendiri, terutama dalam proses pembelajaran, tidak terkecuali pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga hal ini mempengaruhi mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Berkebutuhan Khusus yang dirasakan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi serta dampak manajemen terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, di ketiga sekolah tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Data yang diperoleh melalui penelitian ini adalah data empiris (teramati) yang mempunyai kriteria tertentu yaitu valid, reliabel, dan obyektif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi Peran manajemen memberikan kontribusi yang sangat penting terhadap pelaksanaan pembelajaran di sekolah, sehingga memberikan dampak positif terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, manajemen sangat diperlukan oleh sekolah, karena perannya yang sangat besar terhadap ketercapaian mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik baik bagi peserta didik regular maupun peserta didik berkebutuhan khusus. Hasil dari penelitian ini menunjukan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Berkebutuhan Khusus meliputi perencanaan tujuan, isi, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi pengorganisasian kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Berkebutuhan Khusus melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Evaluasi Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dilaksanakan melalui kegiatan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan akhir tahun. Dampak manajemen mutu terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Berkebutuhan Khusus diantaranya pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang interaktif, menyenangkan, meningkatnya capaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta semakin terbukanya minat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan meningkatnya pembelajaran yang konstektual (CTL). English : This research was motivated by the introduction of the “Bandung Inclusive City”, which requires all schools, both public and private, to accept students with special needs. Meanwhile, the willingness of human resources in each school is not evenly distributed. This becomes a problem in itself, especially in the learning process of all subjects, including Islamic Religious Education. Thus, it affects the quality of education for students with special needs, which is perceived as suboptimal. This study aims to identify the planning, implementation, and evaluation and impact of management on the quality of learning of Islamic Religious Education for Students with Special Needs, in the three schools. The research adopted a qualitative approach and the method used was a descriptive analysis. The study collected empirical data that had the essential criteria of validity, reliability, and objectivity, through interviews, observation, and documentation. The role of quality management is essential to promote effective learning and improve the quality of Islamic Religious Education. It plays a crucial role in ensuring quality learning outcomes for all students, including regular and special needs students. The results of the study confirmed that planning Islamic Religious Education for Students with Special Needs includes planning objectives, content, implementation and evaluation. Organizing Islamic Religious Education learning includes organizing intracurricular, co-curricular and extracurricular activities. Implementation of Islamic Religious Education learning for Students with Special Needs was carried out through intracurricular, co-curricular and extracurricular activities. Evaluation of Islamic Religious Education for Students with Special Needs was carried out through daily tests, mid-semester tests, end-of-semester tests and end-of-year tests. The impact of quality management on the learning of Islamic Religious Education for Students with Special Needs included interactive, fun learning of Islamic Religious Education, increased achievement of the Minimum Completion Criteria (KKM) as well as increased interest of Students with Special Needs in learning Islamic Religious Education and increased contextual learning (CTL). Arabic : .3132 إدارة جودة تعليم الرتبية الدينية اإلسالمية للطالب ذوي .2001321113 ماراي سوزان. االحتياجات اخلاصة في المدارس الدامجة (حبث حالة يف املدرسة املتوسطة احلكومية ٥١ و املدرسة املتوسطة ألفا جنتوري واملدرسة املتوسطة البو ي جدد موليا ناددود..) ينطلق هذا البحث من أ ّن إطالق "ابندونج مدينة شاملة" واليت تتطلب من مجيع املدارس، إما املدرسة العامة أواخلاصة، قبول الطالب ذوي االحتياجات اخلاصة. ومل تكن جاهزية املوارد البشرية يف كل مدرسة على ح ّد سواء. وهذه مشكلة يف حد ذاهتا، خاصة يف العملية التعليمية، ال سيما يف تعليم الرتبية الدينية اإلسالمية. لذلك هذا يؤثر على جودة تعليم الرتبية الدينية اإلسالمية وهو ما يُعتقد أنه ليس األمثل للطالب ذوي االحتياجات اخلاصة. ويهدف هذا البحث إىل التعرف على التخطيط والتنفيذ والتقييم والعوامل الداعمة واملثبطة وكذلك أثر اإلدارة على جودة التعليم يف الرتبية الدينية اإلسالمية للطالب ذوي االحتياجات اخلاصة يف تلك املدارس. يستخدم هذا البح ُث املنه ج النوعي، والطريقةُ املستخدمة فيه طريقة وصفية حتليلية البياانت املتوافرة من خالل هذا البحث هي بياانت جتريبية (مالحةة( اها معاي ر معينة، وهي صاةحة وموثوقة وموووعية. و مجع البياانت عن طريق املقابالت واملالحةة والتوثيق ويساهم دور اإلدارة مسامهةً كب رة يف تنفيذ التعليم ابملدارس، و يكون له أتث ر إجيايب على جودة تعليم الرتبية الدينية اإلسالمية. ولذلك، فإن إدارة املناهج ورورية للمدارس، ألهنا تعلب دورا أساسيا يف حتقيق جودة تعليم الرتبية الدينية اإلسالمية للطالب، إّما للطالب العاديني أو للطالب ذوي االحتياجات اخلاصة.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Mutu; Pembelajaran PAI; peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusif |
Subjects: | General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Maria Susan Susan |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 01:36 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 01:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88618 |
Actions (login required)
View Item |