Penggunaan Media E-Book Hubungannya dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Masuknya Agama Islam di Indonesia

Suntiah, Ratu and Maslani, Maslani and Tusa'diah, Mabita Halimah (2023) Penggunaan Media E-Book Hubungannya dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Masuknya Agama Islam di Indonesia. Conferences Series Learning Class, 20. pp. 1-7. ISSN 2774-6585

[img]
Preview
Text
2023 Prosiding_Penggunaan Media E-BookHubungannya.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turnitin_2023 Prosiding_Penggunaan Media E-Book Hubungannya dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Masuknya Agama Islam di Indonesia.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://conferences.uinsgd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Realitas Tanggapan siswa kelas X SMK Bani Abdul Malik Bandung Barat terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran, Realitas motivasi belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi masuknya agama Islam di Indonesia, hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran dengan motivasi belajar mereka pada mata Pelajaran PAI dan Budi pekerti materi masuknya agama Islam di Indonesia. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan studi pustaka. Sampel yang diambil sebanyak 25 siswa dari jumlah populasi sebesar 72 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial per indikator, uji normalitas, uji tendensi sentral, uji persamaan regresi linier, dan uji koefisien korelasi. Hasil penelitian memperoleh simpulan bahwa Realitas tanggapan siswa dalam penggunaan media e-book dalam pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,91 berkategori tinggi, Realitas motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi masuknya agama Islam di Indonesia diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,20 berkategori sangat tinggi, Tanggapan siswa terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran dan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi masuknya agama Islam di Indonesia memiliki hubungan atau korelasi yang signifikan dengan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,45 berkategori sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-book, Motivasi, Tanggapan, Kedatangan Islam di Indonesia
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maslani Maslani
Date Deposited: 25 Jun 2024 05:58
Last Modified: 25 Jun 2024 05:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89202

Actions (login required)

View Item View Item