Penerapan metode kauny quantum memory untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an: Penelitian pada siswa kelas VIII MTS Kifayatul Achyar Kota Bandung mata pelajaran Al-Qur'an Hadis

Agustin, Istraita Lailiyah (2024) Penerapan metode kauny quantum memory untuk meningkatkan hafalan Al-Qur'an: Penelitian pada siswa kelas VIII MTS Kifayatul Achyar Kota Bandung mata pelajaran Al-Qur'an Hadis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses penerapan metode Kauny Quantum Memory pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung, 2) Hasil hafalan Al-Qur’an siswa yang menggunakan metode tersebut dengan yang tidak, dan 3) Pengaruh metode Kauny Quantum Memory dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental. Jumlah responden 59 siswa dari kelas VIII-B dan VIII-D MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, kajian pustaka, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif, uji Normalitas, uji Homogenitas, uji Mann-Whitney U Test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses penerapan metode Kauny Quantum Memory terlaksana dengan baik (nilai persentase 83%), 2) Rata-rata nilai posttest siswa yang menggunakan metode ini 80.16, sedangkan yang tidak menggunakan 64.82, dan 3) Metode Kauny Quantum Memory secara signifikan meningkatkan hafalan Al-Qur’an dengan mean rank 38.07 (kelas eksperimen) dan 21.66 (kontrol), serta N-Gain 57.10% (eksperimen) dan 41.40% (kelas kontrol). Uji Mann-Whitney U menunjukkan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, menandakan pengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur’a; Metode Kauny Quantum Quantum Memory; dan Al-Qur’an Hadis
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Israita Lailiyah Agustin
Date Deposited: 28 Jun 2024 09:28
Last Modified: 28 Jun 2024 09:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89406

Actions (login required)

View Item View Item