Korelasi antara prestasi belajar bahasa Arab dengan kemampuan menghafal Alquran: Studi kasus terhadap siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah Bandung

Nabila, Intan Mely (2024) Korelasi antara prestasi belajar bahasa Arab dengan kemampuan menghafal Alquran: Studi kasus terhadap siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)

Abstract

Intan Mely Nabila, Korelasi Antara Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa dengan Kemampuan Menghafal Alquran (Sudi Kasus terhadap siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah Bandung). Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan oleh sebuah bangsa di semenanjung Arab. Keistimewaan dari bahasa Arab adalah karena bahasa tersebut menjadi bahasa kitab suci umat Islam yakni Alquran. Akan tetapi, mayoritas berpendapat bahwa mempelajari bahasa Arab sedikit lebih sulit dibandingkan dengan mempelajari bahasa lainnya, sehingga tidak sedikit yang akhirnya kurang tertarik untuk mempelajarinya. Namun, tanpa disadari dengan mempelajari dan menguasai bahasa Arab akan sangat mendukung dalam menghafal Alquran dan memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar bahasa arab siswa, kemampuan menghafal siswa dan mengetahui adakah korelasi antara prestasi bahasa arab siswa dengan kemampuan menghafal Alquran di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah Bandung. Metode penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah Bandung yang berjumlah 532 orang dan diambil sampel dari kelas XI siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Falah Bandung yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes, Dokumentasi dan Wawancara. Hasil penelitian menggunakan korelasi produk moment menunjukkan bahwa prestasi belajar bahasa arab adalah baik. Skor tertingginya adalah 92 dan skor terendahnya yaitu 60. Sedangkan skor rata-ratanya adalah 77. Adapun hasil kemampuan menghafalnya dengan nilai tertinggi adalah 90 dan terendah 60.sedangkan rata-ratanya adalah 70. Berdasarkan hasil analisis koefisiensi determinasi diperoleh 0,9722 = 0,9447 Hal tersebut menunjukan adanya pengaruh prestasi bahasa arab siswa terhadap kemampuan menghafal Alquran adalah 94.47%. Maka, berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara prestasi bahasa arab dengen kemampuan menghafal Alquran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Prestasi Belajar Bahasa Arab; Kemampuan Menghafal Alquran
Subjects: Arabic
Islam
Islam > Koran
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mely Nabila Intan
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:31
Last Modified: 02 Jul 2024 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89559

Actions (login required)

View Item View Item