Pengaruh biaya produksi dan volume penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan industri sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2017-2023

Amelia, Riska (2024) Pengaruh biaya produksi dan volume penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan industri sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2017-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER-1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini berangkat dari adanya ketidaksesuaian antara teori dengan kondisi faktual yang terjadi pada beberapa Perusahaan industri subsektor Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2017-2023. Menurut Muyadi (2015) untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin perusahaan harus meningkatkan volume penjualan dan menekan biaya produksi. Namun dalam kenyataannya adanya peningkatan laba bersih pada perusahaan selalu diikuti dengan meningkatnya biaya produksi dan volume penjualan yang mana hal tersebut tidak sejalan dengan teori. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Biaya Produksi dan Volume Penjualan terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Industri Subsektor Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2017-2023 baik secara parsial maupun simultan. Pengukuran variabel Biaya Produksi dilakukan dengan metode full costing yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik baik tetap maupun variabel. Variabel Volume Penjualan diukur dari jumlah penjualan bersih. Sedangkan variabel Laba Bersih diukur dengan mengurangkan jumlah pendapatan dengan beban dan pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekstriptif kuantitatif dengan metode analisis menggunakan analisis dektriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan Industri Subsektor Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2017-2023. Variabel independen dalam penelitian ini adalah biaya produksi dan volume penjualan dengan laba bersih sebagai variabel dependen. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menyatakan 1) Biaya Produksi memiliki nilai thitung 3,727 > nilai ttabel 2,011 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 2) Volume Penjualan memiliki nilai thitung 2,660 > nilai ttabel 2,011 dengan nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05 3) Biaya Produksi dan Volume Penjualan memiliki nilai Fhitung 6,817 > nilai Ftabel 3,20 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara parsial maupun simultan Biaya Produksi dan Volume Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Industri Subsektor Tekstil yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2017-2023.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Biaya Produksi; Volume Penjualan; Laba Bersih
Subjects: Accounting
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Riska Amelia
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:51
Last Modified: 03 Jul 2024 01:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89586

Actions (login required)

View Item View Item