Tinjauan Hukum Ekonomi Syari'ah terhadap praktik jasa buzzer di media sosial

Azzahra, Fatimah (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syari'ah terhadap praktik jasa buzzer di media sosial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Maraknya suatu kegiatan bisnis yang berbasis online di era digital. Munculnya Buzzer yang sangat membawa pengaruh yang relevant pada suatu pemasaran dalam mempromosikan sebuah produk berbasis online. Buzzer merupakan suatu jasa dan biasanya memiliki tujuan-tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jasa buzzer di media sosial dan mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap jasa buzzer di media sosial. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini berdasarkan pada ketentuan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang berhubungan dengan akad ijarah (sewa menyewa) dan Fatwa DSN-MUI tentang Pembiayaan Ijarah dan Fatwa tentang pedoman bermuamalah melalui media sosial, dan Undang-undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Artinya pada penelitian ini penulis mencoba memberikan gambaran dan menjelaskan perihal sewa menyewa (ijarah) pada praktik jasa buzzer di media sosial. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan juga studi Pustaka dengan tujuan untuk membuktikan kesesuaian antara teori dan praktik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini meliputi akad sewa menyewa antara penyedia jasa buzzer X dan penyewa jasa buzzer ditinjau dari perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Praktik jasa buzzer di media sosial memang diperbolehkan dalam islam sewa menyewa buzzer termasuk dalam akad ijarah. Dari hasil penelitian jika dilihat buzzer X pada acuannya memang dinilai positif, tetapi acuan tersebut masih dipertanyakan faktanya. Dan dapat disimpulkan bahwa penyedia jasa buzzer X melebih-lebihkan acuan agar dapat menarik perhatian masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Buzzer; media sosial; Ijarah; Undang-undang
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Private Law > Contracts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:01
Last Modified: 04 Jul 2024 07:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89588

Actions (login required)

View Item View Item