Azzahra, Fatimah (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syari'ah terhadap praktik jasa buzzer di media sosial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (554kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi Maraknya suatu kegiatan bisnis yang berbasis online di era digital. Munculnya Buzzer yang sangat membawa pengaruh yang relevant pada suatu pemasaran dalam mempromosikan sebuah produk berbasis online. Buzzer merupakan suatu jasa dan biasanya memiliki tujuan-tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jasa buzzer di media sosial dan mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap jasa buzzer di media sosial. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini berdasarkan pada ketentuan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis yang berhubungan dengan akad ijarah (sewa menyewa) dan Fatwa DSN-MUI tentang Pembiayaan Ijarah dan Fatwa tentang pedoman bermuamalah melalui media sosial, dan Undang-undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Artinya pada penelitian ini penulis mencoba memberikan gambaran dan menjelaskan perihal sewa menyewa (ijarah) pada praktik jasa buzzer di media sosial. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan juga studi Pustaka dengan tujuan untuk membuktikan kesesuaian antara teori dan praktik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini meliputi akad sewa menyewa antara penyedia jasa buzzer X dan penyewa jasa buzzer ditinjau dari perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Praktik jasa buzzer di media sosial memang diperbolehkan dalam islam sewa menyewa buzzer termasuk dalam akad ijarah. Dari hasil penelitian jika dilihat buzzer X pada acuannya memang dinilai positif, tetapi acuan tersebut masih dipertanyakan faktanya. Dan dapat disimpulkan bahwa penyedia jasa buzzer X melebih-lebihkan acuan agar dapat menarik perhatian masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buzzer; media sosial; Ijarah; Undang-undang |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth Private Law > Contracts |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Fatimah Azzahra |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:01 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 07:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89588 |
Actions (login required)
View Item |