Pengaruh implementasi kebijakan Terminal Parkir Elektronik (TPE) terhadap peningkatan penerimaan retribusi parkir Kota Bandung periode 2018 - 2022

Dewi, Reyhan Aulia (2024) Pengaruh implementasi kebijakan Terminal Parkir Elektronik (TPE) terhadap peningkatan penerimaan retribusi parkir Kota Bandung periode 2018 - 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Penerimaan retribusi parkir Kota Bandung pada periode 2018 – 2022 belum optimal. Hal ini dapat terlihat pada faktor pengawasan yang dilakukan oleh pihak BLUD UPT Parkir terhadap Terminal Parkir Elektronik (TPE). Diketahui bahwa pada tahun 2021, dari 445 unit Terminal Parkir Elektronik (TPE) hanya 247 unit saja yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran parkir. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap teori implementasi kebijakan dari Jones dalam Kadji (2015), yang mencangkup organisasi, interpretasi dan aplikasi. Selain itu juga, pengujian terhadap teori peningkatan penerimaan retribusi parkir dari Kaho (2010) yang mencangkup pengetahuan tentang asas – asas organisasi, disiplin kerja yang tinggi dan pengawasan yang efektif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausal dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan bahwa, untuk dimensi organisasi didapat nilai thitung sebesar 13,017 > nilai ttabel sebesar 1,991 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh organisasi secara positif dan signifikan terhadap peningkatan penerimaan retribusi parkir, dalam artian H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian untuk dimensi interpretasi, didapat nilai thitung sebesar 8,999 > nilai ttabel sebesar 1,991 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh interpretasi secara positif dan signifikan terhadap peningkatan penerimaan retribusi parkir, dalam artian H0 ditolak dan Ha diterima. Lalu untuk dimensi aplikasi, didapat nilai thitung sebesar 15,446 > nilai ttabel sebesar 1,991 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh aplikasi secara positif dan signifikan terhadap peningkatan penerimaan retribusi parkir, dalam artian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pengujian koefisien determinasi, didapat hasil bahwa Implementasi kebijakan Terminal Parkir Elektronik (TPE) melalui dimensi/faktor organisasi, interpretasi dan aplikasi memiliki pengaruh dan peranan penting sebesar 77,7% terhadap peningkatan penerimaan retribusi parkir Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Terminal Parkir Elektronik (TPE); Penerimaan Retribusi Parkir
Subjects: Public Finance
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Reyhan Aulia Dewi
Date Deposited: 03 Jul 2024 10:22
Last Modified: 03 Jul 2024 10:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89775

Actions (login required)

View Item View Item