Pengaruh brand trust terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening pada pengguna jasa laundry sepatu Sneaklin di Kota Bandung

Regita, Yulia (2024) Pengaruh brand trust terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening pada pengguna jasa laundry sepatu Sneaklin di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Usaha laundry sepatu mulai ramai diperbincangkan ketika tren sepatu sneaker atau running muncul di media pada tahun 2014. Keberadaan usaha ini telah tersebar di berbagai kota besar salah satunya Kota Bandung. Banyaknya jasa laundry sepatu di Kota Bandung membuat persaingan semakin ketat. Sneaklin merupakan salah satu jasa laundry sepatu yang ada di Kota Bandung. Ketatnya persaingan ini membuat jumlah pelanggan Sneaklin tidak konsisten selama tahun 2023 sehingga menunjukkan pelanggan belum sepenuhnya loyal. Dalam menggunakan suatu layanan, pelanggan akan mengutamakan kepercayaannya terhadap merek dan rasa kepuasan. Kepercayaan yang dimiliki pelanggan akan berdampak pada kepuasan dan kepuasan berdampak pada terbentuknya loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand trust terhadap customer loyalty, brand trust terhadap customer satisfaction, customer satisfaction terhadap customer loyalty dan pengaruh brand trust terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan teknik purposive sampling memperoleh sampel sebanyak 100 responden pengguna jasa laundry sepatu Sneaklin di Kota Bandung. Data yang diperoleh berupa kuesioner menggunakan skala likert dan selanjutnya data dianalisis menggunakan program SmartPLS dengan teknik analisis PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan brand trust tidak berpengaruh terhadap customer loyalty dengan nilai p-value 0,076 > 0,05. Brand trust berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dengan nilai p-value 0,000 < 0,05. Customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty dengan nilai p-value 0,000 < 0,05. Brand trust berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 dan customer satisfaction berperan sebagai full mediasi. Dalam uji R-square menunjukkan bahwa 56,4% variabel customer loyalty dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel brand trust dan customer satisfaction sementara itu 64,3% variabel customer satisfaction dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel brand trust.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Brand trust; customer loyalty; customer satisfaction
Subjects: General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Yulia Regita Yulia
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:47
Last Modified: 04 Jul 2024 07:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90042

Actions (login required)

View Item View Item