Puspita Sari, Putri Devi (2018) Pengaruh Servicescape dan Service Quality terhadap kepuasan Nasabah BRI Kantor Cabang Subang. Diploma thesis, UIN Sunan gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (762kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (739kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
Abstract
Kebutuhan masyarakat akan jasa keuangan yang semakin meningkat dan beragam berdampak pada peranan dunia perbankan. Bank juga berfungsi sebagai perantara keuangan, faktor “trust” atau kepercayaan dari masyarakat adalah kunci utama dalam menjalankan bisnis perbankan. Bank Rakyat Indonesia hadir sebagai salah satu bank umum terbesar di Indonesia yang siap memenuhi segala macam kebutuhan nasabah yang diinginkan pada era modern ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape (lingkungan pelayanan) dan service quality (kualitas pelayanan) terhadap kepuasan nasabah Bri Kantor Cabang Subang. Dimana variabel independen terdiri dari servicescape (lingkungan pelayanan) dan service quality (kualitas pelayanan), sedangkan untuk variabel dependen yaitu kepuasan nasabah. Menurut Kasmir (2016: 264) kepuasan nasabah yang diberikan bank akan berimbas sangat luas bagi peningkatan keuntungan bank. Penelitian dilakukan pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Subang yang berada di jalan Otto Iskandardinata No 87 Subang. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebar kuesioner atau angket kepada nasabah yang menjadi responden sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pengambilan jumlah sampel menggunakan teori Paul Leedy. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu servicescape (lingkungan pelayanan) dan service quality (kualitas pelayanan), untuk variabel terikat yaitu kepuasan nasabah. Teknik analisis yang digunakan adalah meliputi pengujian validitas, pengujian reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis secara parsial (uji t), pengujian hipotesis secara simultan (uji F), matriks korelasi, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan pengaruh servicescape (lingkungan pelayanan) dan service quality (kualitas pelayanan) terhadap kepuasan nasabah BRI Kantor Cabang Subang sebesar 41,4% sedangkan sisanya 58,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan (uji F), maka hasil yang diperoleh untuk variabel servicescape (lingkungan pelayanan) dan service quality (kualitas pelayanan) terhadap kepuasan nasabah BRI Kantor Cabang Subang sebesar 34,216 dengan Fhitung > Ftabel artinya 34,216 > 3,09. Kemudian pengujian hipotesis secara parsial (uji t) servicescape (lingkungan pelayanan) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,688 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000. Pengujian hipotesis secara parsial (uji t) service quality (kualitas pelayanan) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung > ttabel atau 4,200 > 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Servicescape (Lingkungan Pelayanan), Service Quality (Kualitas Pelayanan), Kepuasan Nasabah |
Subjects: | General Management > Marketing, Management of Distribution |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | putri devi puspita sari |
Date Deposited: | 09 May 2018 04:47 |
Last Modified: | 09 May 2018 04:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9046 |
Actions (login required)
View Item |