Pengaruh Employee Engagement terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi: Studi pada Pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat

Amelia, Resty (2024) Pengaruh Employee Engagement terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi: Studi pada Pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya peran pegawai dalam meningkatkan kinerja suatu organisasi atau perusahaan. Employee Engegement dan kepuasan kerja, individu merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bekerja dengan baik sesuai standar oragnisasi atau perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga melihat bagaimana faktor-faktor tersebut membantu pegawai dalam mengembangkan karir mereka, sehingga mereka bisa tumbuh dan mencapai potensi penuh dalam pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh employee engagement terhadap kinerja pegawai, (2) apakah terdapat pengaruh employee engagement terhadap kepuasan kerja, (3) apakah terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, dan (4) apakah kepuasan kerja dapat memediasi pengaruh employee engagement terhadap kinerja pegawai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik probability sampling dengan menyebarkan kuesioner secara online dan manual kepada 84 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi Analisis Deskriptif, uji intrumen penelitian menggunkan Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Uji Asumsi Klasik. Kemudian, pengujian hipotesis menggunakan uji regresi sederhana causal step dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa employee engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dibuktikan dengan nilai thitung (6,849) > ttabel (1,989) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Employee engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dibuktikan dengan thitung (7,493) > ttabel (1,989) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dibuktikan dengan nilai thitung (9,371) > ttabel (1,989) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian, kepuasan kerja dapat memediasi secara parsial pengaruh employee engagement terhadap kinerja pegawai dengan hasil sobel test 5,870 dengan nilai one-tailed dan two-tailed probability sebesar 0,0.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Employee Engagement; Kepuasan Kerja; Kinerja
Subjects: Econmics
Business
General Management > Personnel Management
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Resty Amelia
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:16
Last Modified: 09 Jul 2024 06:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90550

Actions (login required)

View Item View Item