Motif netizen PRFM berkontribusi dalam program Citizen Report Instagram PRFMNEWS

Al`Husna, Zahra Pajriyanti (2024) Motif netizen PRFM berkontribusi dalam program Citizen Report Instagram PRFMNEWS. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)

Abstract

Dalam fenomena saat ini, media massa seringkali menyertakan cuplikan rekaman atau hasil reportase suatu peristiwa besar, bencana, maupun kejadian unik yang merupakan hasil kontribusi dari masyarakat atau pengguna media sosial. Hasil reportase yang menjadi suatu produk berita inilah kemudian melahirkan istilah citizen journalism atau jurnalisme warga dengan peran sebagai pembuat informasi layaknya jurnalis profesional. Perkembangan jurnalisme warga ini tidak hanya diminati oleh masyarakat umum, tetapi industri media massa juga menjadi salah satu pihak yang memanfaatkan potensi jurnalisme warga dengan cara memproduksi muatan berita melalui konten jurnalisme warga yang dibagikan di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu motif netizen PRFM yang rela meluangkan waktu dan tenaganya agar bisa berkontribusi menjadi jurnalis warga dalam program Citizen Report Instagram @prfmnews. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan yaitu Hierarki Kebutuhan Maslow dan Uses and Gratification melalui 5 hasil tipologi motif pewarta warga yang diadaptasi oleh Shaun Sutton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk memaparkan hasil analisis motif netizen PRFM. Sementara itu, populasi yang digunakan adalah netizen PRFM yang aktif dan bergabung dalam grup WhatsApp resmi Komunitas Netizen PRFM. Sampel yang dipakai sebanyak 65 orang dengan menggunakan teknik quota sampling sehingga penarikan sampel disesuaikan dengan jumlah yang ingin ditentukan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motif tertinggi yang dirasakan oleh responden, yaitu motif interaksi komunitas dan penyebaran informasi. Kemudian disusul dengan motif perubahan sosial, dan motif pengembangan diri. Sementara itu, motif keuntungan diri menjadi motif terendah dibandingkan dengan motif netizen PRFM lainnya. Motif tertinggi pada hasil penelitian ini merupakan motif sosial yang mana artinya netizen PRFM memiliki rasa sosial yang tinggi sehingga ingin berkontribusi di media ini secara sukarela. Selain itu juga, PRFM sendiri tidak memberikan insentif kepada masyarakat yang berkontribusi sehingga motif yang bersangkutan dengan keuntungan dan pengembangan diri para responden menjadi motif terendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motif jurnalis warga; PRFM News Channel; uses and gratification; hierarki kebutuhan maslow; tipologi gratifikasi pewarta warga Shaun Sutton
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Zahra Pajriyanti Al`Husna
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:27
Last Modified: 10 Jul 2024 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90894

Actions (login required)

View Item View Item