Strategi dakwah Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) dalam mewujudkan jabar juara lahir batin

Tresnoati, Widia Sari (2024) Strategi dakwah Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) dalam mewujudkan jabar juara lahir batin. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Al-Qur’an dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan Masyarakat. Selain itu, pengajaran Al-Qur’an dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional dengan menciptakan masyarakat yang berakhlak dan bertanggungjawab. Terlebih, berdasarkan data Kementerian Agama RI, jumlah penghafal Al Qur’an di Indonesia hanya mencapai 30.000 hafidz dan data dari MUI Jabar terdapat kurang lebih 60% Masyarakat Jabar masih buta tulis dan baca huruf Al-Qur’an. Hal tersebut yang menjadi motivasi bagi Gubernur Jabar era Ridwan Kamil untuk mengejawantahkan implikasi hafidz qur’an terhadap kontribusi pembangunan wilayah dengan menciptakan slogan “Jabar Juara Lahir Batin” yang tidak hanya fokus membangun infrastruktur fisik saja, tapi infrastruktur spiritual juga harus diperhatikan. Maka dari itu, untuk mewujudkannya, pemerintah provinsi Jawa Barat melahirkan program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang strategi dakwah Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) dalam mewujudkan Masyarakat Jabar Juara Lahir Batin. Pertama, kajian ini akan dipusatkan pada perencanaan program Sadesha di Provinsi Jawa Barat. Kedua, penelitian ini akan mengkaji implementasi program Sadesha. Ketiga, evaluasi program Sadesha di Provinsi Jawa Barat dalam mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam semi terstruktur dengan berbagai pemangku kepentingan, observasi langsung di lapangan, serta analisis dokumen terkait. Teori yang digunakan adalah teori strategi dakwah yang didukung dengan teori komunikasi Pembangunan. Kedua teori ini menggabungkan proses pengelolaan program sadesha dengan pendekatan unsur-unsur komunikasi sebagai alat untuk mencapai tujuan pembangunan. Kedua teori ini menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan dan bagaimana komunikasi dapat digunakan untuk memberdayakan komunitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui program Sadesha dalam mewujudkan visi "Jabar Juara Lahir Batin" sangat selaras dengan konsep komunikasi pembangunan. Unsur-unsur komunikasi pembangunan yang terlibat dalam proses perencanaan, implementasi dan evaluasi Program Sadesha terjalin secara berkesinambungan, komprehensif, sistematis dan terstruktur secara signifikan dapat menunjang keberhasilan dalam mewujudkan visi "Jabar Juara Lahir Batin."

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Provinsi Jawa Barat; Satu Desa Satu Hafidz; Jabar Juara Lahir Batin
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Widia Sari Tresnoati
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:12
Last Modified: 19 Jul 2024 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91044

Actions (login required)

View Item View Item