Pengaruh Sales Growth dan Primary Ratio terhadap Net Profit Margin pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di ISSI periode 2017-2022

Adriansyah, Repan (2024) Pengaruh Sales Growth dan Primary Ratio terhadap Net Profit Margin pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di ISSI periode 2017-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunu Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini mengenai Pengaruh Sales Growth dan Primary Ratio terhadap Net Profit Margin pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di ISSI Periode 2017-2022. Sales Growth merupakan rasio pertumbuhan yang menunjukan kemampuan perusahaan mempertahankan posisi ekonominya, sedangkan Primary Ratio merupakan rasio solvabilitas yang melihat sejauh mana kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendek dan panjang, dan Net Profit Margin merupakan rasio profitabilitas yang melihat sejauh mana perusahaan mampu memberikan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Sales Growth secara parsial terhadap Net Profit Margin. 2) Pengaruh Primary Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin. 3) Pengaruh Sales Growth dan Primary Ratio secara simultan terhadap Net Profit Margin pada Perusahaansubsektor makanan dan minuman yang terdaftar di ISSI Periode 2017-2022. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori ketika Sales Growth dan Primary Ratio meningkat, maka akan berpengaruh terhadap Net Profit Margin akan semakin meningkat juga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan PT Mayora Indah Tbk, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dan PT Siantar TOP Tbk. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier (sederhana dan berganda), analisis korelasi (parsial dan simultan), analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Sales Growth secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin dengan hasil perhitungan thitung < ttabel sebesar (1,025 < 2,120) dengan nilai signifikansi 0,321 > 0,05 yang berarti ho diterima dan h1 ditolak. 2) Primary Ratio secara parsial berpengaruh terhadap Net Profit Margin dengan hasil perhitungan thitung > ttabel sebesar (2,244 > 2,120) dengan nilai signifikansi 0,039 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan h2 diterima. 3) Sales Growth dan Primary Ratio secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin dengan perhitungan fhitung < ftabel sebesar 3,116 < 3,682 dengan nilai signifikansi 0,074 > 0,05 dan diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 29,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel diluar persamaan regresi ini. Sehingga H0 diterima dan h3 ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sales Growth; Primary Ratio; Net Profit Margin
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Repan Adriansyah Sulaeman
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:36
Last Modified: 11 Jul 2024 03:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91116

Actions (login required)

View Item View Item