Penerapan metode Mnemonic untuk Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian Quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Maulana, Firman (2024) Penerapan metode Mnemonic untuk Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian Quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan terkait pelaksanaan pembelajaran dalam kelas, metode yang biasa digunakan guru adalah ceramah. Metode ceramah yang terus menerus diterapkan kepada siswa yang terjadi adalah jenuh, bosan, dan mengantuk karena suasananya kurang hidup. Hal ini memengaruhi pada hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah, termasuk pada ranah kognitif. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang di dalam pelaksanaannya menerapkan metode Mnemonic. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui proses penerapan metode Mnemonic terhadap siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung pada mata pelajaran PAI. (2) Mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung setelah menerapkan metode Mnemonic pada mata pelajaran PAI. (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung setelah menerapkan metode Mnemonic pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa metode Mnemonic merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan daya ingat siswa dan membuat informasi menjadi bermakna. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Ho penerapan metode Mnemonic tidak terdapat peningkatan terhadap hasil belajar kognitif siswa dan Ha penerapan metode Mnemonic terdapat peningkatan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah Pretest and Posttest with Non-equivalent Control Group Design. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan metode Mnemonic terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan pada perolehan hasil observasi dengan skor 89%. Skor tersebut berada pada rentang 76-100 yang termasuk pada kategori sangat baik. (2) Hasil belajar kognitif siswa setelah menerapkan metode Mnemonic berdasarkan hasil akhir yang dilihat dari postest kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata nilai yang diperoleh 82,32, sedangkan postest kelas kontrol berada pada kategori rendah dengan rata-rata nilai 48,64. Hal ini menunjukkan bahwa hasil akhir dari kelas eksperimen lebih baik daripada hasil akhir kelas kontrol. (3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menerapkan metode Mnemonic dapat dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% melalui uji independent sampel t test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,01 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan pada rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah menerapkan metode pembelajaran Mnemonic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; Mnemonic; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firman Maulana
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:52
Last Modified: 11 Jul 2024 06:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91238

Actions (login required)

View Item View Item