Pemanfaatan akun media sosial Instagram sebagai penyebaran berita: Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @ayobandung_official

Fauji, Irfan (2024) Pemanfaatan akun media sosial Instagram sebagai penyebaran berita: Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @ayobandung_official. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah mengubah dunia media, jurnalisme, dan pers secara besar-besaran. Sekarang, media online dan media sosial dominan dalam menyampaikan berita dan informasi. Media konvensional kini memanfaatkan Instagram sebagai media penyebaran informasi seperti surat kabar dan televisi harus bersaing dengan platform online yang lebih cepat, interaktif, dan mudah diakses. Hal ini membuat akun Instagram @ayobandung_official, yang memiliki sekitar 72,8 ribu pengikut, digunakan secara efisien dan efektif untuk menyebarkan berita kepada khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan-alasan media Ayobandung.com dalam menyebarkan berita melalui Instagram, memahami proses penggunaan akun media sosial Instagram @ayobandung_official sebagai alat penyebaran berita, serta mengatasi tantangan yang muncul dalam pemanfaatan Instagram @ayobandung_official untuk penyebaran berita. Penelitian ini menggunakan Teori Difusi Inovasi. Teori ini merupakan teori komunikasi yang mnggambarkan bagaimana inovasi atau ide baru menyebar melalui masyarakat di dalam suatu kebudayaan yang bersifat subjektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan paradigma penelitian konstruktivisme dan pendekatan kualitatif. Serta teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ayobandung.com memilih Instagram sebagai saluran utama untuk menyebarkan berita karena popularitasnya di kalangan Gen-Z dan milenial, serta kemampuannya untuk meningkatkan branding melalui konten berkualitas. Proses penyebaran berita melalui akun @ayobandung_official melibatkan penyusunan artikel, penyuntingan, verifikasi, dan produksi konten tambahan, serta interaksi aktif dengan pengikut. Akun Instagram @ayobandung_official berinteraksi aktif dengan pengikut melalui komentar dan Direct Message (DM). Tantangan yang dihadapi Instagram @ayobandung_official termasuk kendala editorial, penyusunan jadwal publikasi, keterbatasan waktu dan SDM, serta adaptasi konten. Mengatasi tantangan ini memerlukan inovasi dan penyesuaian strategi berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Instagram; Berita
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Irfan Fauji
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:34
Last Modified: 12 Jul 2024 02:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91279

Actions (login required)

View Item View Item