Strategi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana dalam mengatasi Mmsalah kebakaran pada pemukiman padat penduduk di Kota Bandung

Baihakhi, Mohammad Akmal (2024) Strategi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana dalam mengatasi Mmsalah kebakaran pada pemukiman padat penduduk di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kota Bandung termasuk kedalam kot besar dan menjadi salah satu kota dengan tingkat kebakaran yang cukup tinggi dan kian meningkat tiap tahunnya. Bahkan, dalam 5 tahun terkahir tingkat kebakaran di Kota Bandung mencapai 1.196 kasus kebakaran dan pada tahun 2023 kebakaran yang terjadi di Kota Bandung mencapai rekor yaitu 352 kasus kebakaran. Untuk mengatasi tingginya tingkat kebakaran di wilayah permukiman padat penduduk di Koa Bandung, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana perlu mengembangkan strategi khusus yang terfokus pada kebakaran di pemukiman padat penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui efektivitas strategi yang diterapkan oleh Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung dalam menangani kebakaran di kawasan padat penduduk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan objek Strategi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana. Tidak hanya itu, dalam penelitian ini pun menggunakan bentuk pengumpulan berupa wawancara, observasi, dokumentasi, triangulasi, dan untuk teknis analisis datanya yaitu menggunakan teknik analisis data yang interaktif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori strategi yang dikemukakan oleh Geoff Mulgan, teori tersebut menguraikan strategi pemerintahan ke dalam lima indikator, yaitu: Purposes (Tujuan), Environtment (Lingkungan), Direction (Pengarahan), Action(Tindakan), dan Learning (Pembelajaran). Dimana dalam Geoff Mulgan menjelaskan bahwa tolak ukur efektif atau tidaknya suatu strategi ditentukan oleh seberapa baik suatu oraganisasi menjalankan kelima indikator yang terdapat dalam strategi tersebut. Hasil dalam penelitian ini yaitu Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana telah mengembangkan strategi khusus yang terfokus pada permasalahan kebakaran di pemukiman padat penduduk. Strategi khusus yang dimaksud adalah strategi yang ampuh dan benar-benar tersusun oleh Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana dalam menangani bencana kebakaran wilayah permukiman padat penduduk. Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung dalam hal ini telah mengimplementasikan strategi yang komprehensif dengan mempertimbangkan beberapa aspek kunci keberhasilan yaitu Purposes (Tujuan), Environment (Lingkungan), Direction (Pengarahan), Action (Tindakan), dan Learning (Pembelajaran). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Strategi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung yaitu 1.) Pembentukan REDKAR (Relawan Pemadam Kebakaran), 2.) Pembentukan UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pemadam Kebakaran di bebrapa titik wilayah, dan 3.) Pemadaman Menggunakan Unit Sepeda Motor dapat dikatakan efektif karena terbukti dengan terimplementasinya strategi tersebut tingkat kebakaran pada pemukiman padat penduduk di Kota Bandung menurun secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemukiman Padat Penduduk, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung.
Subjects: Office Services > Office Services in Specific Kinds of Enterprises
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Mohammad Akmal Baihakhi
Date Deposited: 12 Jul 2024 05:40
Last Modified: 12 Jul 2024 05:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91357

Actions (login required)

View Item View Item