Munaf, Thierry Nursyirwan (2023) Inovasi pelayanan publik melalui aplikasi Bandung Integrated Manpower Management Application (Bimma) di Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
COVER1.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK 1.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI 1.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB (1).pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB (2).pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text (BAB III)
BAB (3) - Copy.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB (4) - Copy.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
Text (BAB V)
BAB (5) - Copy.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
Abstract
Di dalam meningkatkan sebuah kualitas pelayanan publik pemerintah tentunya memiliki sebuah kewajiban untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. untuk meningkatkan sebuah kualitas pelayanan tentunya perlu melakukan sebuah terobosan baru yaitu dengan inovasi pelayanan public sehingga Pemerintah Kota Bandung telah menghadirkan Aplikasi New Bimma untuk solusi berjalannya pelaksanaan Pelayanan Publik secara online. Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung masih harus meningkatkan inovasi aplikasi tersebut karena masalah lainnya adalah belum efektifnya sosialisasi dari pihak pelaksana program sehingga masyarakat banyak yang tidak mengetahui adanya Aplikasi New Bimma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif terkait inovasi pelayanan publik pada pelayanan ketenagakerjaan Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, pencatatan, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode representasi dan reduksi data, sedangkan validasi data menggunakan triangulasi dengan sumber, yaitu membandingkan dan memverifikasi kebenaran informasi. diperoleh dari waktu ke waktu dan dari berbagai alat penelitian kualitatif, analisis akhir data meliputi penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung berjalan dengan baik dan belum bisa dikatakan optimal karena ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Hambatan dalam inovasi pelayanan publik pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung adalah konektivitas jaringan/internet dan kurangnya pengembangan aplikasi serta perlunya maintenance atau pemeliharaan sistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi; Pelayanan Publik; Aplikasi New Bimma |
Subjects: | Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas Public Administration > Public Administration in Specific Localities Public Administration > Public Administration in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Thierry Nursyirwan Munaf |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 04:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 04:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91809 |
Actions (login required)
View Item |