Nur, Afifah Rephiany (2024) Pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantu media interaktif Articulate Storyline terhadap keterampilan proses sains pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
Abstract
Keterampilan proses sains perlu dipelajari dan dikembangkan agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Akan tetapi, pada kenyataannya keterampilan proses sains peserta didik rata-rata masih tergolong kurang. Untuk itu, diperlukan sebuah pembelajaran yang dapat mewadahi peserta didik untuk mengasah keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, tingkat keberhasilan, pengaruh, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantu media interaktif Articulate Storyline pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan non-equivalent control group design, dimana sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kauntitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantu media interaktif Articulate Storyline memperoleh nilai persentase sebesar 100% pada kinerja guru dan 96% pada aktivitas peserta didik. Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,42 (sedang) dan 0,17 (rendah), serta ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan dan tanpa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantu media interaktif Articulate Storyline. Data tersebut diperkuat dengan perolehan nilai effect size sebesar 1,05 yang menunjukkan kategori tinggi. Hasil respon peserta didik terhadap pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan persentase 90,5%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantu media interaktif Articulate Storyline berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses sains pada materi klasifikasi makhluk hidup. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dalam penggunaan model pembelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains; Klasifikasi Makhluk Hidup; Model Pembelajaran |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Afifah Rephiany Nur |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:35 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91987 |
Available Versions of this Item
-
Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing berbantu Media Interaktif Articulate Storyline Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantu media interaktif Articulate Storyline terhadap keterampilan proses sains pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. (deposited 17 Jul 2024 02:35) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |