Rizky, Muhammad (2024) Pengaruh kompetensi Pustakawan terhadap kualitas pelayanan perpustakaan : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
Abstract
Kompetensi pustakawan atau tenaga perpustakaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perpustakaan. Kompetensi pustakawan dalam perpustakaan sangat penting karena pustakawan memiliki peran kunci dalam menyediakan layanan informasi yang berkualitas kepada pengguna perpustakaan. Kompetensi pustakawan sangat penting untuk menjaga kualitas layanan perpustakaan, terutama di era informasi digital yang terus berkembang. Pustakawan yang kompeten dapat memberikan layanan yang lebih efektif kepada pengguna, membantu mereka menemukan dan memanfaatkan sumber daya informasi, serta menjaga integritas koleksi perpustakaan. Maka apabila pustakawan atau tenaga perpustakaan ingin meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan, seharusnya memiliki kompetensi yang sesuai dengan beban pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kompetensi pustakawan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Se-Kota Bandung (2) mendeskripsikan kualitas pelayanan perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Se-Kota Bandung (3) menganalisis pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kualitas pelayanan perpustakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Se-Kota Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuiantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Metode ini digunakan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini deingan meingguinakan kuieisioneir dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah pustakawan atau tenaga perpustakaan SMAN Se-Kota Bandung sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi pustakawan di SMAN Se-Kota Bandung masuk ke dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata keseluruhan indikator sebesar 4,33 (2) kualitas pelayanan perpustakaan di SMAN Se-Kota Bandung masuk ke dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata keseluruhan indikator sebesar 4,70 (3) pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kualitas pelayanan perpustakaan sebesar 44,4%. Hasil uji t (secara parsial) menunjukkan bahwa nilai sig t sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 4,892 > 1,697 t tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpukan bahwa kompetensi pustakawan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan perpustakaan di Sekolah Menengah Atas (SMAN) Se-Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi; Pustakawan; Kualitas; Pelayanan; Perpustakaan; |
Subjects: | Operations, Archieves, Information Centers > Administration and Library Management General Libraries, General Archieves, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines > School Libraries General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | muhammad rizky |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 02:04 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92153 |
Actions (login required)
View Item |